Over Kapasitas, Lapas Tanjung Gusta Pindahkan Warga Binaannya Di Lapas Kelas IIB Gunungsitoli

KBRN,Gunungsitoli : Seiring jumlah tahanan makin bertambah di lembaga pemasyarakat tanjung Gusta medan yang sudah mencapai 3.000 orang, sehingga sudah melebihi kapasitas, 9 orang warga binaan dari lapas tanjung gusta medan dipindahkan di lapas kelas IIB Gunungsitoli.

Pantauan RRI di lapangan, 9 orang narapidana pindahan dari Lapas tanjung gusta Medan ini, tiba di pelabuhan angin Gunungsitoli Minggu pagi 19 September 2021 pukul 7.30 Wib melalui kapal penyeberangan dari Sibolga, dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan lapas Tanjung Gusta Medan. Dan lagsung di bawa di Lapas kelas IIB Gunungsitoli untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan mapun barang bawaan.

Kepala Lapas kelas IIB Gunungsitoli Soetopo Barutu,S.Sos,M.Si kepada RRI.co.id mengatakan bahwa pemindahan 9 orang Narapidana tersebut sesuai surat Dirjen Pemasyarakatan  melalui surat kepala lembaga pemasyarakatan kelas I Medan Nomor W2.E2.PK.01.01.02-3942 tanggal 14 Juli 2021 perihal permohonan izin pemindahan Narapidana.

“ pemindahan 9 orang Napi dari lapas tanjung gusta medan ini sesuai surat permintaan yang sudah di setujui Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI. Alasannya karena sudah melebihi kapasitas di lapas tanjung Gusta Medan ” Ujar Kalapas Gunungsitoli (Minggu/19/9/2021).

Kalapas menambahkan, sebelum di gabungkan dengan warga binaan lainnya, ke 9 warga binaan yang di mutasi di lapas kelas IIB Gunungsitoli tersebut akan menjalani Isolasi di ruang blok Isolasi lapas Gunungsitoli selama 14 hari kedepan.

“ Mereka wajib menjalani isolasi selama 14 hari kedepan. 9 orang napi yang dipindahkan ini merupakan 8 orang diantaranya pidana kasus narkoba, sementara 1 orang pidana umum ” Ungkap Soetopo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00