Warga Nias Utara Minta Kementerian Pertanian RI, Agar PT.Sedar Abadi Jaya Berkontribusi di Daerah

KBRN, Gunungsitoli : Masyarakat Kabupaten Nias Utara meminta Pihak Pemerintah Kabupaten Nias Utara bersama Lembaga DPRD,  agar mendorong Pemerintah Pusat melalui kementerian Pertanian Republik Indonesia, agar PT Sedar Abadi Jaya di Toyolawa  Kecamatan Lahewa dapat berkontribusi di daerah.

Ketua DPD LSM Gemantara Raya Kepulauan Nias Febeanus Zalukhu, juga selaku Tokoh Masyarakat Kabupaten Nias Utara mengatakan, PT Sedar Abadi Jaya di Toyolawa telah beroperasi puluhan tahun dan hingga kini masih belum diketahui pemerintah daerah dan masyarakat tentang sistem manajemen di Perusahaan tersebut.

Pemerintah daerah pernah meminta data tentang PT.Sedar Abadi Jaya itu, namun hingga kini belum ada  respon bahkan karyawan di pekerjakan tanpa perjanjian kerja sehingga Pihak dari DPD LSM Gemantara Raya telah menyurati kementerian Pertanian Republik Indonesia tentang Keberadaan PT.Sedar Aabadi Jaya tersebut.

“ melalui surat yang di sampaikan DPD LSM Gemantara Raya dan juga dukungan dari pemerintah Kabupaten Nias Utara bersama Lembaga DPRD, diharapkan Keberadaan PT.Sedar Abadi Jaya di Toyolawa memiliki legalitas hukum yang jelas dan terpenuhi hak-hak karyawan bahkan bila memungkinkan menjadi Tanggungjawab Pemerintah Daerah terkait pengelolaannya” Ujar, Febeanus, Rabu (4/8/2021).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara, Drs. Foloo Hulu mengatakan, Bupati Nias Utara bersama Lembaga DPRD sedang meninjau kembali kesepakatan antara Pemerintah dengan PT.Sedar Abadi Jaya sehingga nantinya ada kontribusi di daerah.

Bahkan,  rencana  Pemerintah daerah akan melakukan koordinasi kepada Kementerian Pertanian RI sehingga kedepan Karyawan dan kepemilikan PT.Sedar Abadi Jaya di Toyolawa memiliki kekuatan hukum yang jelas.

Ia berharap, dukungan dari masyarakat sehingga tidak menjadi bahan perbincangan publik tentang keberadaan PT Sedar Abadi Jaya tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00