Lestarikan Budaya, MKKS SMA Se-Kabupaten Nias Utara Gelar Festival Seni dan Budaya

KBRN, Gunungsitoli : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Sekabupaten Nias Utara,  gelar Festival  Seni dan Budaya, bertempat di halaman SMA Negeri 1 Lotu,  Jumat (20/5/2022).

Ketua Panitia   Pentas Seni dan Budaya Berkati Baeha S.Pd. dan juga sebagai Ketua MKKS SMA Sekabupaten Nias Utara kepada rri.co.id mengatakan, Festival seni dan budaya yang di laksanakan oleh tingkat SMA se-Kabupaten Nias Utara guna melestarikan budaya untuk generasi muda dan meningkatkan keakraban  sesama Kepala Sekolah, Guru dan Siswa/i serta dalam rangka perayaan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) tahun 2022.

Pada kegiatan Festival  Seni dan Budaya, di ikuti oleh 10 SMA Sekabupaten Nias Utara dan siswa/i yang merupakan perwakilan setiap sekolah menampilkan beberapa atraksi  budaya  seperti:  tari maena, tari hiwo, tari folaya , fanumba omo,  tari moyo dan atraksi budaya lainnya di Kabupaten Nias Utara.

“Kita menghadirkan dewan juri pada kegiatan ini untuk menilai peserta yang dapat menampilkan yang terbaik dan akan di persiapkan untuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2SN),” Ujar, Berkati Baeha.

Berkati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Nias Utara dan jajarannya serta Kepada Kacabdis Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Utara yang sudah mendukung kegiatan ini, semoga kedepan perhatian tersebut tetap di lanjutkan.

Kepala SMA Negeri 1 Lotu Yanti Telaumbanua S.Pd menyampaikan,  Pihaknya sangat mendukung Festival  Seni dan Budaya yang berlangsung di SMA Negeri 1 Lotu,  utamanya persiapan  fasilitas demi terwujudnya kebersamaan dan keakraban.

“ Semoga Festival  Seni dan Budaya ini dapat membangkitkan semangat jajaran sekolah untuk membangun keakraban antar kepala Sekolah, Guru dan siswa/i” Harapnya.

Sementara itu, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu sangat mendukung Festival  Seni dan Budaya ini terbukti dirinya dan beberapa OPD di Kabupaten Nias Utara ikut menyaksikan atraksi yang di tampilkan oleh Siswa/i SMA Sekabupaten Nias Utara.

“ Kita berharap agar kegiatan ini, dapat terlaksana setiap tanggal 20 Mei, mengingat sangat baik dan sangat di dukung oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara baik secara moril maupun materil” Tutur Bupati.

Bupati menyampaikan, mengingat kegiatan festival yang cukup positif kepada siswa/i, guru dan kepala sekolah di tingkat SMA, maka sangat di harapkan SMK Sekabupaten Nias Utara, dapat memunculkan sebuah gerakan baru untuk memberikan semangat bagi siswa/i sebagai generasi penerus bangsa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar