Asesor Harus Kuasai Instrumen BAN PAUD Maupun Instrument PKBM

KBRN, Gunungsitoli: Pelatihan Peningkatan Kompetensi dan Pembinaan Asesor BAN PAUD dan Pendidikan Non Formal/PNF tahun 2021 bertujuan untuk meningkatkan dan membentuk kompetensi teknis peserta sebagai assesor kompetensi dibidangnya secara professional.

PNF/ pendidikan non formal contohnya seperti PKBM/yang dimiliki masyarakat atau SKB yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan.

“Untuk kegiatan pembinaan asesor BAN PAUD dan PNF 2021 ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh BAN PAUD Pusat. Sebagai perbedaannya, untuk tahun ini, asesor PAUD itu harus menguasai instrument PKBM, begitu pun sebaliknya asesor PKBM harus menguasai instrument PAUD, sehingga tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini supaya semua asesor itu mampu dan mumpuni didalam menganalisa dan mempelajari semua instrument-instrumen yang ada di aplikasi SISPENA. Ini tentunya menjadi hal baru bagi kita para asesor,” kata Jeni Susanti Mendrofa Asesor BAN PAUD Sumatera Utara, Minggu (17/10/2021).

PKBM ini cukup banyak menaungi kegiatan masyarakat seperti kursus, pendidikan keaksaraan, pendidikan kecakapan hidup, sehingga menuntut asesor PAUD juga untuk turut menguasai perihal PKBM.

“Perbedaannya jauh sekali karena PAUD Pendidikan Anak Usia Dini memiliki kurikulum yang berbeda dengan PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat,” ungkap Jeni.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi dan Pembinaan Asesor BAN PAUD dan Pendidikan Non Formal/PNF tahun 2021 diisi dengan 2 hari untuk pendalaman instrument PAUD dan 2 hari untuk pendalaman instrument PKBM. 

“Meskipun waktu tersebut dinilai belum cukup untuk menguasai materi pembinaan namun kita harapkan dapat menjadi masukan dalam memberikan informasi awal terkait penguasaan 2 instrument yang berbeda,” tutup Jeni.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00