SKD CPNS Formasi 2021 Dibuka Oleh Pemkab Nias Utara.

KBRN, Gunungsitoli : Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si membuka secara resmi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2021 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2021, bertempat di Aula Tafaeri Kantor Bupati Nias Utara. Sabtu (18/09/2021).

Ketua Tim BKN VI Ricky Normayunansyah, S.Kom dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2021 dilaksanakan dengan menggunakan Aplikasi CAT merupakan system ujian berbasis komputer secara cepat, tepat dan akurat.

“Dengan menggunakan aplikasi ini, hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa menunggu lama” imbuhnya.

Ditambahkannya bahwa dalam pelaksanaan seleksi kompetensi dasar ini sifatnya akuntabel dan fleksibel yaitu memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak dapat diakses oleh sembarangan orang, serta bank soal juga dienkripsi (dikunci).

Ketua Panitia Seleksi SKD Plh. Sekda Nias Utara Drs. Folo’o Harefa, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa adapun tujuan dan maksud pelaksanaan seleksi dengan system CAT adalah untuk mendapatkan putra-putri terbaik Indonesia untuk mengisi formasi yang telah ditentukan, sebanyak 121 orang di Lingkup Kabupaten Nias Utara.

Selanjutnya, Plh. Sekda menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil hari ini diawali dengan tahapan seleksi Administrasi dimana peserta mendaftar secara online sebanyak 2.559 orang, peserta yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 60 orang dan yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 2.499 orang. 

SKD dilaksanakan selama 10 (Sepuluh) hari yakni, Hari pertama sebanyak 3 sesi dengan peserta berjumlah 225 orang, Hari kedua sebanyak 3 sesi dengan peserta berjumlah 225 orang, Hari ketiga sebanyak 4 sesi dengan peserta berjumlah 300 orang, Hari keempat sebanyak 4 sesi dengan peserta berjumlah 300 orang, Hari kelima sebanyak 4 sesi dengan peserta berjumlah 300 orang.

KemudiN, Hari keenam sebanyak 4 sesi dengan peserta berjumlah 300 orangHari ketujuh sebanyak 2 sesi dengan peserta berjumlah 150 orangHari kedelapan sebanyak 4 sesi dengan peserta berjumlah 300 orangHari kesembilan sebanyak 3 sesi dengan peserta berjumlah 225 orangHari kesepuluh sebanyak 3 sesi dengan peserta berjumlah 174 orang

Wakil Bupati Nias Utara dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam rangka merekrut Aparatur Sipil Negara yang profesional yang dapat diandalkan sebagai aparatur yang ideal yang dapat melayani, memahami dan berempati kepada masyarakat.

Disampaikan Wakil Bupati bahwa bukan hanya pengetahuan yang dinilai dalam SKD CPNS ini tetapi juga masalah kepribadiannya yang meliputi IQ (Intelligence Quotient) atau nilai kecerdasan seseorang, EQ (Emotional Quotient) atau kecerdasan emosional dan SQ (Spritual Quotient) atau kecerdasan spiritual.

“Dalam pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS tahun 2021 ini jelas tidak ada kutipan/pungutan liar serta tidak ada yang disembunyikan, semuanya transparan, walaupun pelaksanaannya sempat tertunda diakibatkan oleh pandemi Covid-19” jelasnya.

Mengakhiri arahannya, Wakil Bupati Nias Utara berharap agar peserta Ujian SKD CPNS 2021 tetap sehat, konsentrasi, semangat serta bersaing secara sehat dan mengisi jawaban benar-benar dari inspirasi sendiri.

“Semoga hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun anggaran 2021 dapat sukses dengan baik tanpa kendala” tutupnya.

Turut hadir pada acara Pembukaan SKD CPNS tersebut, Tim PANSELNAS Kantor Regional VI BKN, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Panitia Pengadaan CPNS Formasi Tahun 2021dan Peserta SKD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00