DPRD Nias Utara Sangat Mendukung PSDKU-USU di Nias Utara.

KBRN, Gunungsitoli : 3 Program Studi untuk Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Sumatera Utara (PSDKU-USU) merupakan Grand-Design dalam mengelola Sumber daya alam di Nias Utara khususnya dan Kepulauan Nias pada umumnya.  Ketiga Program Studi tersebut :  S1 Agroteknologi, S1 Peternakan  dan S1 Manajemen Sumber daya Perairan.

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Nias Utara Yaaman Telaumbanua mengatakan,  sumber daya alam yang ada hingga kini masih belum dikelola dengan maksimal, maka pemerintah daerah perlu menjalin kerjasama dengan Pihak USU.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk mencapai peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola sumber daya alam, sehingga keberadaan PSDKU USU di Kabupaten Nias Utara dikelola langsung oleh USU dan difasilitasi Oleh Pemerintah Daerah.

Mahasiswa di PSDKU USU tersebut melalui jalur mandiri dengan biaya perkuliahan sama dengan biaya di Campus USU dan issu yang beredar di media sosial bahwa sangat memberatkan bagi kalangan masyarakat, padahal bila di hitung-hitung biayanya bila mahasiswa melanjut di luar kepulauan Nias maka biayanya cukup besar dan  berlipat-lipat.

“ bahkan lembaga DPRD sangat mendukung keberadaan PSDKU USU di Nias Utara tersebut, dengan memberikan subsidi bagi mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di PSDKU USU Kabupaten Nias Utara “. Ujar Yaaman.

Ia menyampaikan bahwa DPRD Kabupaten Nias Utara sudah memikirkan 5 tahun kedepan,  agar Kabupaten Nias Utara bisa mandiri dan memiliki Universitas Negeri Guna mendukung Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias. (MH)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00