Nadila Sarumaha Seorang Bidan Desa Melatih Para Kader Desa Pelaksanaan Posyandu Sistem 5 Meja di Desa HIlisimaetano

Nadila Sarumah Am.Keb Menyampaikan Materi Pelaksanaan Posyandu Sistem 5 Meja
Pelatihan Para Kader Desa Hilisimaetano Oleh Nadila Sarumaha Am.Keb

KBRN, Nias Selatan: Nadila Sarumaha, Am.Keb, seorang Bidan Desa di Nias Selatan, melatih para Kader Posyandu dan Posbindu dengan materi pelaksanaan Posyandu sistem 5 Meja, di Desa Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Kamis (04/03/2021). 

Nadila mengatakan, Pelaksanaan Posyandu ini dikenal dengan nama “Sistem 5 Meja”, dimana kegiatan di masing-masing meja mempunyai kekhususan sendiri-sendiri. 

Sistem 5 meja tersebut tidak berarti bahwa Posyandu harus memiliki 5 buah meja untuk pelaksanaannya, tetapi kegiatan Posyandu harus mencakup 5 pokok kegiatan. 

"Meja pertama Pendaftaran balita, ibu hamil, ibu menyusui dilanjut Meja dua penimbangan dan pengukuran balita, meja tiga Pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran, Meja empat Penyuluhan dan Pelayanan gizi bagi ibu balita, ibu hamil dan ibu menyusui dan terakhir Pelayanan kesehatan, KB dan Imunisasi," ujarnya. 

Nadila Sarumaha menjelaskan, dalam pelaksanaan posyandu setiap tanggal yang ditentukan, kader desa dapat lebih memahami apa yang menjadi tupoksi dan sasaran yang harus dijangkau di desanya karena posyandu itu dari oleh untuk desa. 

Pelatihan dan bimbingan dasar kepada para kader kesehatan guna mendukung PemDes Hilisimaetano dalam penanganan Stunting dan peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat. 

“Dengan bekal pelatihan dasar yang diberikan kepada para kader desa hilisiametano, menambah wawasan, keterampilan, pengalaman dan dapat diterapkan dikegiatan sehari-hari serta mari bersama mendukung produktifitas posyandu dan mendukung PemDes agar peran kader lebih aktif dan produktif," ucapnya. (Indah Dachi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00