Pastikan Bebas dari Covid-19, 376 Pengawas TPS di Nias di Rapit Test

pengawas TPS pilkada 2020 di Nias jalani rapit test

KBRN,Gunungsitoli : Dalam rangka meminimalisir Penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), jajaran Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias menggelar Pemeriksaan Rapid Test Antigen terhadap 376 orang anggota pengawas TPS pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Nias 9 desember 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Novan Maskurnia Hura,SH kepada Radio Republik Indonesia menyampaikan bahwa, dalam pelaksanaan rapit tes terhadap pengwas TPS ini, pihak Bawaslu kabupaten Nias bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten Nias untuk melakukan pemeriksaan yang digelar selama dua hari, dari tanggal 26 dan 27 November 2020, dan dipusatkan pemeriksaannya di kantor Bawaslu kabupaten Nias.

“ rapit test terhadap 376 anggota pengawas TPS ini, salah satu upaya kita dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dan kita berharap semua penyelenggara pengawas pilkada 2020 di kabupaten Nias dalam keadaan sehat “ Ujarnya (Kamis/26/11/2020).

Dijelaskan Novan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan para pengawas yang bertugas di tiap TPS, bebas dari covid-19. Mengingat para pengawas ini nantinya akan mengawasi jalannya pencoblosan dan pemungutasan surat suara di 376 TPS yang tersebar di 170 Desa se-kabupaten Nias.

Dan jika  petugas pengawas  TPS terdapat yang reaktif tegasnya, maka akan dilakukan pemeriksaan swab. Sementara jika hasilnya dinyatakan positif covid-19 dari hasil pemeriksaan dari tim medis, maka pihak Bawaslu kabupaten Nias akan melakukan pergantian antar waktu, lantaran sudah mendekati hari pemilihan.

Ketua Bawaslu kabupaten Nias menambahkan, Pemeriksaan ini juga sesuai instruksi dari Bawaslu RI, dan sekaligus untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus Covid-19, mengingat pelaksaan pilkada serentak tahun 2020 berada di tengah pendemi covid-19. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00