Percepat Deteksi Covid-19 di Nias, Gubsu Edy Rahmayadi Sediakan Laboratorium PCR di RSUD Gunungsitoli

Gubsu Edy Rahmayadi mengecek kesiapan RSUD Gunungsitoli

KBRN,Gunungsitoli : Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM menyampaikan ucapan terimaksih kepada Gubernur sumatera utara Edy Rahmayadi yang telah peduli dan membantu pemerintah daerah di kepulauan dalam penanganan Covid-19.

Menurut keterangan yang disampaikan Bupati Nias, Gubernur Sumatera utara akan menyediakan Laboratorium PCR untuk pendeteksian Covid-19 yang di tempatkan di RSUD Gunungsitoli-Kabupaten Nias.

“ kita menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur Sumatera utara atas penyediaan Laboratorium PCR ini. selama tim medis di RSUD Gunungsitoli sangat kewalahan karena keterbatasan kelengkapan medis “ Ujar Bupati Nias (Selasa/22/9/2020).

Sebelumnya, untuk menekan penyebaran Covid-19 Nias di pulauan Nias, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memastikan  Kepulauan Nias akan memiliki Laboratorium PCR sendiri. Laboratorium PCR ini akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli yang merupakan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Pulaun Nias. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera uatara pada saat mengecek kesiapan RSUD Gunungsitoli dalam penangan pasien Covid-19 pada senin 21/9/2020.

Edy Rahmayadi mengatakan, Laboratorium PCR tersebut akan dikirim secepatnya ke Gunungsitoli untuk mempercepat pendeteksian Covid-19 di Nias. Dengan begitu, penyebaran Covid-19 di Kepulauan Nias yang terus meningkat bisa lebih cepat ditangani, dan masyarakat memiliki kepastian status.

“ Selama ini untuk mendeteksi Covid-19, RSUD Gunungsitoli masih menggunakan metode Test Cepat Molekular (TCM). Namun saat ini catridge untuk TCM telah habis di Nias. jadi untuk memberikan kepastian kepada masyarakat, maka secepatnya akan kita buat Laboratorium PCR di RSUD Gunungsitoli ini “ Tegas Gubsu Edy.

Dan Untuk melanjutkan upaya pelacakan kasus dan mengetes masyarakat di Nias, maka Edy Rahmayadi telah menyiapkan 1.850 Rapid Test Antigen, termasuk memberilakukan wajib swab bagi setiap penumpang yang berkunjung di pulauan Nias ini.

Sementara itu, Menurut keterangan Tim Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sumatera utara R. Lia Kusumwati, Laboratorium PCR yang akan ditempatkan di RSUD Gunungsitoli memiliki kapasitas pengujian mencapai 188-192 sampel per hari. Sehingga mampu menguji 96 sampel dengan kontrol negatif dan positif.

“ Dalam satu hari Laboratotium ini memungkinkan untuk dioperasikan dua kali. sehingga dalam waktu satu hari bisa menguji sekitar 192 sampel “ Kata dr.Lia (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00