Hingga tahun 2020 ini, Secara Kumulatif Kasus Tuberkulosis di Kabupaten Nias Sudah Capai 149 kasus

gerakan pencegahan TBC

KBRN,Gunungsitoli: Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kesehatan terus melakaukan upaya pencarian, pengendalian dan juga pencegahan terhadap kasus Tuberkulosis atau penyakit TBC di wilayah kabupaten Nias.

Kepala Dinas kesehatan kabupaten Nias Martin Luter Harefa kepada Radio Republik Indonesia menyebutkan bahwa, hingga tahun 2020 ini jumlah secara kumulatif kasus Tuberkulosis atau penyakit TBC di kabupaten Nias sudah 149 kasus.

“ sesuai pendataan kita di lapangan, hingga tahun 2020 ini terdapat 149 pasien Tuberkulosis hingga di wilayah kabuaten Nias.  pasien ini sedang di tangani pihak tim medis dari dinas kesehatan melalui para kader TB di setiap puskesmas di kabupaten Nias “ Ujarnya (Minggu/30/8/2020).

Selain itu dijelaskan Kadis kesehatan kabupaten Nias, mengingat kasus TBC ini menjadi perhatian dari presiden Jokiwi dodo, maka pihak pemerintah melalui dinas kesehatan terus melakukan deteksi melalui pemeriksaan kepada masyarakat di tiap puskesmas yang ada di kecamatan, hal ini dilakukan untuk menjaring pasien pasien yang suspak TBC.

Dilanjutkan kadis kesehatan kabupaten Nias, jika terdapat pasien baru yang terdeteksi, maka pihak dinas kesehatan telah menginstruksikan di tiap tiap puskesman untuk melakukan penangan secara langsung, dengan melakukan pemeriksaan dan pemberian obat, dan seklaigus mengawasi dan memantau pasien yang bersangkutan selama dalam pengobatan hingga 6 bulan. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00