Tekan Kasus DBD, Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Himbau Masyarakat Terapkan 3M

Kadis kesehatan kab.Nias

KBRN,Gunungsitoli : Dinas Kesehatan Kabupaten Nias mengajak seluruh masyarakat peduli dengan kesehatan lingkungan guna mencegah kasus Demam Berdarah di daerah itu.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Nias martin Luter Harefa,M.Kes kepada Radio Republik Indonesia menyampaikan bahwa peran serta masyarakat dalam menekan angka kasus demam berdarah dikabupaten Nias sangat dibutuhkan. Caranya dengan memantau jentik nyamuk di lingkungan rumah masing-masing minimal sekali seminggu, bila ditemukan jentik agar dimusnahkan secara mandiri dengan cara menguras, menutup, dan mengubur (3M).

Dinas Kesehatan melalui tenaga puskesmas ungkapny terus melakukan pemantauan terhadap peningkatan kasus DBD di wilayah masing-masing sebagai dampak dari masuknya musim penghujan saat ini.

“ kita dari Dinas kesehatan kabupaten Nias terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan hidup bersih dengan bergotong royong membersihkan lingkungan, dengan menerapkan 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur “ Ujarnya (Minggu/2/8/2020).

Lebih jauh dijelaskan Kepala Dinas kesehatan kabupaten Nias martin Luter Harefa, berdasarkan data Dinkes kabupaten Nias kasus DBD pada semester pertama dari bulan januari 2020 sampai Juni 2020 dikabupaten Nias mencapai 45 kasus. Menurutnya dari data tersebut diperlukan kewaspadaan dan upaya antisipasi dini terhadap peningkatan kasus.  

Pihaknya juga telah mengimbau secara tertulis ke seluruh puskesmas untuk melakukan upaya kesehatan keliling oleh petugas kesehatan. Di samping itu upaya pencegahan dan pemberantasan melalui 3M, petugas dinas kesehatan juga telah melakukan penyemprotan Fogging di sejumlah kecamatan di kabuaten Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00