Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli: Hanya ODP, Masyarakat Jangan Panik

KBRN, Gunungsitoli: Dinas kesehatan Kota Gunungsitoli terus melakukan screening bagi penumpang yang baru tiba baik di Bandara Binaka Gunungsitoli, Pelabuhan Angin Gunungsitoli dan Pelabuhan Roro di kecamatan Gunungsitoli Idanoi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser Napitupulu mengatakan Screening di pintu-pintu masuk ini akan berlangsung hingga 1 bulan kedepan bahkan bisa lebih sesuai dengan kondisi dan situasi yang berlangsung.

Dari screening awal ini jelas Wilser ada 10 ODP (orang dalam pemantauan) karena berasal dari Jakarta sebagai daerah yang sudah terpapar corona. ODP ini akan melakukan isolasi mandiri di rumah dan dipantau oleh Dinas Kesehatan kota Gunungsitoli. Ia menegaskan ODP bukan suspect corona untuk itu masyarakat tetap tenang dan jangan panic.

Ia juga menyayangkan nama-nama ODP yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli kini tersebar luas di masyarakat, padahal data itu seyogyanya hanya diberikan kepada mitra Dinkes bukan untuk kosumsi umum. Namun karena sudah terlanjur, Wilser meminta masyarakat memahami arti ODP dan tidak mendiskriminasi warga yang masuk ODP tersebut. Dinkes akan memantau kesehatan ODP ini selama 14 hari kedepan.

“Baru ODP dan belum ada PDP yang kita temukan pada kegiatan screening awal di Pelabuhan maupun bandara. Mereka ini ODP kan karena memiliki factor resiko berasal dari wilayah yang terjangkit corona, jadi bukan suspect corona lho, ini masyarakat harus paham, ini baru ODP”, ucap Wilser, Jum’at (20/3/2020).

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang di bandara dan pelabuhan mulai kemarin dan hari ini Dinas Kesehatan kota Gunungsitoli juga mulai melakukan penyemprotan disinfektan di bandara dan  area-area pelayanan public.

“Kita lakukan penyemprotan disinfektan di bandara dan pelabuhan dan mulai besok di tempat-tempat pelayanan public. Selanjutnya nanti diharapkan pengelola layanan public tersebut yang rutin melakukan penyemprotan. Ini semua usaha kita bersama tolong juga warga kota Gunungsitoli lakukan pencegahan secara pribadi”, pungkas Wilser.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00