Melahirkan Di Puskesmas Botombawo Bisa Langsung Buat Akta

KBRN, Gunungsitoli: UPTD Puskesmas Botombawo Kabupaten Nias bekerjasama dengan Dinas Dukcapil menjalin kerjasama terkait pembuatan akta kelahiran dan pembuatan Kartu Keluarga bagi anak yang baru lahir.

“Untuk memperoleh administrasi kependudukan kepada anak yang dilahirkan, kami dari pihak puskesmas menghimbau kepada pihak keluarga yang akan bersalin di Puskesmas Botombawo untuk menyiapkan nama anak yang akan dilahirkan, Surat Keterangan Kelahiran dan fotocopy Kartu Keluarga dan KTP orangtua,” ungkap Kepala UPTD Puskesmas Botombawo Kharisma Zai S.ST M.Kes, Senin (27/06/2022).

Hal itu guna mendukung proses penyerahan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak/KIA oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Nias kepada pasien pasca persalinan di wilayah kerja Puskesmas Botombawo Kabupaten Nias.

“Dengan melengkapi berkas yang diminta, dipastikan warga masyarakat yang melahirkan di UPTD Puskesmas Botombawo akan mendapatkan Dokumen Akta Kelahiran bayi yang baru lahir, Kartu Keluarga Baru dan Kartu Identitas Anak semakin cepat dan mudah. Dengan demikian, pasien tidak perlu mengurus sendiri ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, namun cukup melengkapi berkas di Puskesmas, maka akta kelahiran akan sudah diterima saat bayi dibawa pulang,” tutup Kharisma. IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar