Cegah Stunting Melalui Pelatihan KPM

KBRN, Gunungsitoli : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Gunungsitoli melaksanakan kegiatan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM), Jum'at ( 20/05/2022 ).

Program Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia jelas Kepala Dinas PMD Kota Gunungsitoli Peniel Harefa, S.Sos, dalam rangka Konvergensi Pencegahan Stunting di Kota Gunungsitoli.Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu,  diikuti oleh 6 (enam) Kecamatan di Kota Gunungsitoli.

Dalam arahannya, Kepala Dinas PMD Kota Gunungsitoli menyampaikan, bahwa persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan Nasional, dan Kota Gunungsitoli menjadi salah satu kota prioritas dari 100 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“ Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal, hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar anak dibawah rata-rata, dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk,” ungkapnya.

Melalui pelatihan KPM saat ini lanjutnya, mampu meningkatkan pendataan 1.000 Hari Pertama Kelahiran ( HPK ) Peningkatan cakupan balita hadir ke posyandu untuk melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita, Meningkatkan pencatatan dan pelaporan kasus balita stunting dalam aplikasi Elektronic Human Development Worker (EHDW) oleh KPM.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar