Alat PCR Sempat Ditarik, Swab Massal di Kota Gunungsitoli Berhenti Sementara

Swab Massal di Kota Gunungsitoli Sejak Maret Berhenti, Kasus Covid 19 Menurun

KBRN, Gunungsitoli: Hingga hari ini kasus covid 19 di kota Gunungsitoli sudah mencapai 702 kasus, update kasus covid yang dulu nyaris setiap hari kini semakin jarang.

Kasih Trisnawati Zebua S.Si, Apt, MPH sebagai Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan kota Gunungsitoli, minimnya kasus covid 19 per hari nya bukan berarti kasus covid 19 sudah berakhir, namun karena pihaknya kini tidak lagi melakukan swab secara massal.

Swab massal terakhir mereka laksanakan pada bulan Februari yang lalu, namun setelah itu berhenti karena PCR di RSUD Dr. M. Thomson Nias diambil kembali sehingga pemeriksaan specimen di rumah sakit cukup terkendala.

“Sejak Maret kami tidak ada lagi pemeriksaan swab karena alat PCR diambil kembali oleh BNPB, makanya kami berhenti. Testing hanya berjalan di rumah sakit dengan alat TCM bagi pasien rawat inap, jadi yah memang sedikit sekali laporan kasus covid 19, selain juga kami lihat ada efek dari vaksinasi,” ungkap Kasih, Rabu (20/4/2021).

Namun informasi dari pihak rumah sakit PCR tersebut kini sudah di kembalikan ke RSUD Dr. M Thomson Nias sehingga dalam waktu dekat Swab akan kembali di laksanakan.

Harapannya warga kota Gunungsitoli tidak lengah dan menurunkan disiplin protocol kesehatan pencegahan covid 19 namun tetap tertib dengan adaptasi kebiasaan baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00