Dinas Pertanian Kabupaten Nias Masih Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

KBRN,Gunungsitoli : Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Nias Fonaso Laoli menegaskan bahwa, hingga saat ini tenaga penyuluh pertanian di kabupaten Nias masih kekurangan. Dari 170 desa Se-kabupaten Nias hanya berkisar 40 persen yang mempunyai tenaga penyuluh pertanian di setiap desa.

“ Jumlah penyuluh pertanian dikabupaten Nias hanya 43 orang, dimana  yang statusnya PNS hanya berjumlah 24 orang, sedangaan 19 lainnya tenaga harian lepas. Padahal, idealnya satu desa/kelurahan memiliki satu tenaga penyuluh. Namun masih ada penyuluh yang masih memegang sampai lima desa dikabupaten Nias ” Ujarnya (Jum’at 26/2/2021).

Dilanjutkan Fonaso Laoli, menyikapi kekurangan ini, pihak dinas pertanian telah mengusulakan kepada pemerintah pusat untuk ditambahkan tenaga penyuluh pertanian di kabupaten Nias. sehingga pada formasi penerimaan CPNS pada tahun 2019 yang lalu, pemerintah kabupaten Nias mendapatkan alokasi tenaga penyuluh pertanian sebanyak 32 orang.

Ditambahkannnya, penambahan tenaga penyuluh pertanian CPNS yang ditempatkan di kabupaten Nias ini diharapkan mampu memberikan pendampingan yang maksimal kepada para kelompok tani, sehingga hasil produksi pertanian di kabupaten Nias terus mengalami peningkatan dari berbagai bidang. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00