Pembentukan Yapentra Dapat Dukungan

KBRN, Gunungsitoli : DPRD Kota Gunungsitoli sangat mendukung program Yayasan Pendidikan Tunanetra (YAPENTRA) Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, yang akan membuka cabang Yapentra di Kepulauan Nias.

Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Yunius Larosa mengatakan, bahwa Yapentra Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang, sudah berkunjung ke Kepulauan Nias, untuk menjejaki pembentukan Yapentra tersebut di Kepulauan Nias .

Selaku Pihak DPRD Kota Gunungsitoli sangat mendorong Yapentra tersebut, untuk segera terbentuk di Kepulauan Nias, Guna membantu warga tuna netra yang berumur hingga 18 tahun, sehingga nantinya dapat memperoleh pendidikan yang sama dengan masyarakat biasa.

Pemerintah daerah  harus mendukung dan memberikan bantuan dana untuk Yapentra yang akan terbentuk di kepulauan Nias, karena sudah tercantum dalam UUD 1945 Pasal 34,  bahwa fakir miskin dan anak terlantar akan di pelihara dan di penuhi kebutuhannya dalam pendidikan sandang dan pangan serta pekerjaannya.

“ Melalui UUD 1945 tersebut telah mengatur bahwa Pemerintah harus memberikan bantuan Bagi tuna netra, sehingga dapat memperoleh pendidikan dan keterampilan “ Ujar, Yunius. Jumat (6/11/2020)

Sebagai tahap awal sebelum terwujudnya kerjasama antara Yapentra dengan Pemerintah daerah di Kepulauan Nias yakni, memberikan kesempatan Kepada Tunanetra untuk bisa mendaftarkan diri sebagai siswa/siswi di Yapentra Tanjung Morawa,  sehingga memiliki keterampilan untuk mencari nafkah sehari-hari.

" Bagi masyarakat Kepulauan Nias yang memiliki keluarga tunanetra dengan umur maksimal 18 tahun,  dapat mendaftarkan diri menjadi siswa/siswi Yapentra Tanjung Morawa dengan menghubungi Nomor Hp 081263119779" ungkap, Yunius.

Dengan adanya inisiatif, Yapentra Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang,  untuk membentuk satu cabang di kepulaan Nias, seluruh pihak dapat mendukung program tersebut untuk saudara kita kaum  tunanetra.

Jabes Silaban Direktur Yapentra Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang menyatakan, Pihaknya telah berkomitmen untuk membentuk cabang Yapentra di Kepulauan Nias dan dalam mewujudkannya butuh tahapan.

Sebagai bentuk komitmen Yapentra Tanjung Morawa, Rabu (5/11/2020)  Jabes Silaban beserta rombongan berkunjung di Kepulauan Nias, Untuk menyerahkan fasilitas belajar (HP) kepada siswa/siswi tunanetra yang merupakan siswa/siswi Yapentra Tanjung Morawa mengingat mereka belajar di rumah karena covid 19.

Jumlah Siswa/siswi tunanetra asal Kepulauan Nias tersebut sebanyak 14 orang, yang sdh kembali Ke Nias dan 3 orang di Medan.

Ia berharap, dengan adanya wadah Yapentra di Nias, tuna netra yang masih muda dapat memperoleh pendidikan baik di sekolah negeri maupun swasta.

Pada kunjungan Yapentra Tanjung Morawa di kepulauan Nias bertemu dengan Bupati Nias, wakil Walikota Gunungsitoli, anggota DPRD Gunungsitoli, Tokoh agama, dan tokoh masyarakat .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00