Pembangunan Jalan Jadi Prioritas Pemerintah Nias Utara.

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah Kabupaten Nias Utara terus mewujudkan pembangunan utamanya di bidang infrastruktur jalan dan air bersih di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Utara  Bernard Nazara saat di wawancarai RRI  mengatakan, dari sisi jalan strategis tahun 2020 ini, pemerintah daerah sudah merealisasikan pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Desa Onozalukhu, Kecamatan Lahewa, menuju Kecamatan Afulu.

Jalan tersebut sepanjang 12 Kilometer dengan dana yang di butuhkan sebesar Rp 12 Milyar dan di pastikan tahun 2020 ini akan selesai dikerjakan oleh pihak rekanan, sehingga nantinya bisa menjadi jalan alternativ tanpa melewati jalan provinsi di simpang Lahewa menuju Afulu yang kondisinya saat ini rusak parah.

Kemudian, peningkatan jalan dengan konstruksi hotmix dari pekan sawo menuju desa Ombolata Sawo sepanjang 5 km, dengan dana Rp5 milyar dari dana alokasi umum (DAU) dan akan di lanjutkan tahun 2021 hingga sampai ke Hiligodu Kecamatan Lotu.

Selain itu, pembangunan ruas jalan hotmix yang menghubungkan kota Gunungsitoli dengan kecamatan Namohalu, dari Simpang Bogali Sitoluori menuju Fadoro Fulolo Kecamatan Lotu, Fulolo Saloo menuju Tuhemberua dan juga ruas jalan menuju SMK Negeri 1 Sitoluori dan ruas jalan ke SMA Negeri 1 Tuhemberua.

Sementara untuk air bersih, telah di bangun di Lokasi Wisata Hutan Mangruf Kecamatan Sawo, Luaha Ndroi Kecamatan Alasa dan Juga di turegaloko Kecamatan Lahewa.

"Pembangunan yang belum tuntas di tahun 2020 ini akan di lanjutkan tahun 2021 mendatang, utamanya dari Lotu menuju Namohalu, Lahewa Timur menuju Alasa dan juga dari Sawo Menuju Lotu dan masih banyak skala prioritas yang akan di selesaikan Pemerintah daerah," janji Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara, Bernard Nazara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00