Tunggakan Dana Bergulir dari Tahun 2013-2016 di Kabupaten Nias Capai 2 Miliar Rupiah Lebih

Wabub Nias dan Kadis koperasi serahkan bantuan stimulus ke UMKM

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah kabupaten Nias melalui dinas ketenagakerjaan dan kopersi kabupaten Nias terus berusaha melakukan pendekatakan kepada para UMKM dan juga pelaku koperasi yang sudah meminjam dana bergulir agar dana tersebut dapat dikembalikan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan koperasi kabupaten Nias Tolona Laoli,SH kepada Radio republik Indonesia mengatakan, secara keseluruhan dana bergulir yang sudah dipinjam para pelaku UMKM dan kopersi yang bermasalah ini merupakan tahun anggaran 2013-2016 sebesar Rp 3 miliar rupiah lebih.

 “ Dana bergulir yang bermasalah ini 4 tahun anggaran. dari tahun 2013 sampai tahun anggaran 2016. Namun hingga tahun 2020 ini, dari total anggran yang digulir sebesar 3 miliar lebih, baru 1 miliar lebih yang sudah dikembalikan para pelaku UMKM yang sudah meminjam. Jadi sisanya yang belum dikembalikan lebih Rp 2 Miliar lagi “ Ujarnya (Rabu/1/7/2020).

Dijelaskan kepala dinas ketenagakerjaan dan kopersi kabupaten Nias Tolola Laoli, ada 254 UMKM dan 8 kopersi yang meminjam dana bergulir ini. Akan tetapi hanya sebahagian kecil saja para pelaku UMKM dan juga kopersi yang sudah mengembalikan dengan sistem cicil.

Tolona juga menambahkan, kasus penunggakan dana bergulir yang jumlahnya sangat besar ini, pihaknya sudah meminta bantu dan bekerja sama dengan pihak kejaksaan negeri Gunungsitoli sebagi pengacara negera, untuk melakukan penagihan kepada para UMKM yang belum mengembalikan pinjaman dan bergulir ini. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00