Belum Termasuk Sebagai Penerima Bansos Tunai? Hari Ini 6.218 Nama-nama KPM Yang Menyusul Terima Bansos Tunai

KBRN, Gunungsitoli: Kepala Dinas Sosial kota Gunungsitoli Asieli Zega meminta masyarakat jangan ‘galau’ ketika namanya tidak terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI. Pasalnya nama-nama yang dipegang oleh para kepala desa/lurah dan oleh kepala dusun menyampaikan kepada warga yang bersangkutan belum keseluruhan dari jumlah yang diberikan oleh Kemensos RI.

Ia menyebutkan jumlah warga kota Gunungsitoli yang diajukan sebagai penerima BST sebanyak 11. 417 KPM, sedangkan quota yang disetujui sebanyak 10.603 KPM dan yang sudah disalurkan baru 3.078 KPM, sesuai dengan data bayar yang diterima Kantor Pos Gunungsitoli. Dan nama-nama KPM yang berjumlah 3.078 ini jelasnya berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tahun 2011.

Sedangkan hari ini akan keluar sebanyak 6.218 KPM lagi yang juga akan menerima Bansos Tunai yang datanya merupakan usulan desa berdasarkan pendataan yang dilakukan pada bulan April 2020 yang lalu.

“Ini artinya jika nama anda belum terdaftar sebagai penerima Bansos Tunai, mohon bersabar kemungkinan besar namanya akan muncul pada data bayar yang usul dari desa, data ini sudah diterima kantor pos dan segera akan kami teruskan kepada camat hingga kepala desa”, tegas Asieli, Jumat (15/05/2020).

Sementara itu ia tidak menampik nama-nama yang menerima Bansos Tunai pada tahap pertama ini banyak yang tidak tepat sasaran, baik yang sudah meninggal dunia, PNS maupun penerima PKH.

“Jika demikian kami mohon kepala desa segera melaporkan nama-nama yang tidak sesuai criteria baik yang sudah meninggal ataupun PNS, jika penerima PKH maka kita akan suruh mereka memilih antara PKH atau Bansos Tunai yang sifatnya sementara”, tambahnya lagi.

“Pendataan dari desa masih terus berlangsung nama-nama penerima berikutnya akan bermunculan untuk bisa tercapai quota sebesar 10.603 KPM, sekali lagi mohon bersabar”, pungkas Asieli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00