Pembangunan Sejumlah Ruas Jalan Di Nias Utara Tak Kunjung Terealisasi Akibat Batalnya DAK 2020

KBRN, Gunungsitoli : Akibat batalnya dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020, sejumlah proyek pembangunan tidak terlaksana di Kabupaten Nias Utara.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara Agus Hendrikus Zalukhu Selasa (7/4/2020) mengatakan, ruas jalan yang tidak terbangun akibat batalnya DAK 2020 yakni, peningkatan struktur dan kapasitas ruas jalan Desa Ononazara menuju desa Humenesiheneasi hingga ke jembatan Tugala Oyo Kecamatan Tugala Oyo, peningkatan ruas jalan di Desa Hilimbowo Kare Menuju Kecamatan Alasa Talumuzoi.

Kemudian, pemeliharaan jalan dari pekan Sawo menuju desa Ombolata Sawo Kecamatan Sawo dan pemeliharaan jalan dari desa Onozalukhu Kecamatan Lahewa menuju desa Sisobahili Kecamatan Afulu.

DAK yang batal untuk di alokasikan pada pembangunan sejumlah ruas jalan di Nias Utara sebesar Rp 32 milyar.

" Pembangunan ruas jalan yang tidak terealisasi karena batalnya penggunaan DAK 2020, akan di rencanakan kembali di tahun 2021 melalui DAK dan DAU" ujar, Agus Hendrikus.

Ia berharap, kondisi ini dapat di maklumi oleh masyarakat, mengingat virus corona (covid 19) yang menyebar di wilayah Indonesia, maka Pemerintah Pusat melalui Menteri Keuangan terpaksa membatalkan penggunaan dana DAK tahun 2020. MH

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00