Kabupaten Nias Utara Kekurangan Alat Kesehatan Penanganan Covid -19

KBRN, Gunungsitoli : Bupati Nias Utara  M. Ingati Nazara, melakukan komunikasi tatap muka langsung dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melalui sarana video conference (vidcon) yang digelar di ruang pertemuan Kantor Bupati Nias Utara.

Melalui Kepala Dinas Kominfo Aferianus Telaumbanua,  Dalam komunikasi tatap muka langsung melalui sarana vidcon tersebut, Bupati  menyampaikan beberapa tindakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk mengantisipasi dan mencegah menyebarnya Virus Corona Disease (Covid-19) di Kabupaten Nias Utara. 

Tindakan pencegahan tersebut salah satunya adalah penempatan tenaga kesehatan di Pelabuhan laut Gunungsitoli dan Bandara Binaka mengidentisifikasi dan mencatat masyarakat Nias Utara yang baru pulang melakukan perjalanan dari luar pulau Nias. 

Hal ini dilakukan agar dapat memantau dan memberikan himbauan kepada yang bersangkutan untuk mengisolasi diri (isolasi mandiri) sementara waktu selama kurang lebih 14 hari menghindari kemungkinan telah terpapar covid-19 dan menularkannya kepada orang lain.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nias Utara juga mengeluhkan tidak adanya rumah sakit rujukan di pulau Nias untuk penanganan apabila terdapat masyarakat yang terpapar covid-19 serta kurangnya peralatan medis dan alat kesehatan untuk mendukung kegiatan, baik penanganan maupun pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Nias Utara dan secara umum di kepulauan Nias.

Bupati memohon kepada Gubernur Sumatera Utara untuk mendukung hasil rapat Forkada yang dilaksanakan di Grand Kartika Restaurant Kota Gunungsitoli beberapa waktu yang lalu dimana telah diputuskan menyurati Menteri Kesehatan mengusulkan Rumah Sakit Umum Gunungsitoli menjadi rumah sakit rujukan penanganan kasus covid-19 di kepulauan Nias, dan memohon Gubernur Sumatera Utara untuk memberikan bantuan peralatan medis dan alat kesehatan.

Menanggapi keluhan Bupati Nias Utara, Gubernur Sumatera Utara menyampaikan bahwa peralatan medis dan alat kesehatan tersebut akan segera dikirim ke pulau Nias. 

“  Hari ini Rabu (25/3/2020), Gubernur akan  berangkatkan menuju Nias tim yang akan mengevaluasi,  tempat yang disiapkan apabila ditemukan ada masyarakat di kepulauan Nias yang kemungkinan harus diisolasi".

Kemudian, Gubernur akan siapkan dan kirim semua alkes yang dibutuhkan untuk itu karena keadaan darurat seperti ini keputusannya ada di tangan Gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00