110 Penyuluh Pertanian Lapangan di Kab. Nias Utara Terima SK

KBRN,  Gunungsitoli : Dalam rangka membantu para petani untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha pertanian dan perekonomian masyarakat diwilayah Kabupaten Nias Utara, Bupati Nias Utara Bapak Amizaro Waruwu S.Pd menyerahkan SK Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Honor Daerah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2022, bertempat di Aula Pendopo Bupati Nias Utara. Senin (8/8/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara Soruduwaa Zega, S.P., M. Pd menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 03/Permentan/SM.200/1/2018 tentang Pedoman penyelenggaraan penyuluh pertanian dan Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara No. 900/1098/DKPP-IV/TAHUN 2022 Tentang Pengangkatan penyuluh pertanian Tenaga Harian Lepas Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2022.

Pelaksanaan program penyuluhan pertanian ini yakni : untuk meningkatkan Kapasitas kelembagaan penyuluh pertanian di Kecamatan dan Desa dengan tujuan untuk menghasilkan SDM berkompeten yang mampu mengembangkan beberapa Lokus Usaha Pertanian dan Mewujudkan Visi-Misi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, serta mampu memproduksi hasil-hasil pertanian yang unggul di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu S.Pd pada arahannya menyampaikan bahwa ini adalah waktu yang sangat indah dimana hari ini kita bisa melaksanakan penyerahan SK bagi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) diwilayah Pemerintahan Kabupaten Nias Utara.

"ASN yang ditunjuk sebagai koordinator bagi PPL untuk lebih mampu profesional karena memiliki beban yang harus dipertanggungjawabkan tentang bagaimana memanajemen anggota di setiap Kecamatan untuk menciptakan lapangan kerja dan pendampingan bagi kelompok-kelompok di Desa dan Kecamatan," Himbauan Bupati Nias Utara. 

Bupati Nias Utara memberikan motivasi kepada seluruh koordinator dan PPL bahwa "Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang memakai 51% sifatnya ketegasan dan 49% adalah perasaan artinya tidak lebih besar perasaan dari pada ketegasan, Kepada koordinator untuk merekomendasikan PPL yang tidak produktif dan tidak aktif supaya dilakukan evaluasi kembali.

Bupati mengucapkan setiap kantor PPL agar tetap menjaga kebersihan dan juga memberikan pelayanan penyuluhan yang baik bagi para petani sehingga hasilnya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Nias Utara.

Bupati Nias Utara bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Nias Utara dan Kepala OPD menyerahkan secara simbolis kepada 110 orang SK PPL Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Nias Utara, Kepala OPD Lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara, Dinas Kominfo, ASN Lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara, Koordinator PPL Kecamatan dan Desa dan seluruh PPL yang menerima SK.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar