Belum 50 Persen Realisasi PAD T.A 2022 di Kab. Nias Utara

KBRN, Gununsgitoli :  Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2022 di Kabupaten Nias Utara, belum mencapai 50 persen.

Badan Pengelola Keuangan Pendapatan Dan Aset Daerah Kabupaten Nias Utara Eliyudin Telaumbanua SE kepada RRI mengatakan, bahwa Target PAD yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara tahun anggaran 2022, sebesar Rp 7,4 Milyar lebih sementara yang sudah terealisasi hingga juni 2022 ini,  sebesar Rp 1,2 Milyar lebih.

Sumber PAD Kabupaten Nias Utara yakni,  dari Pendapatan Pajak Daerah,  Retribusi jasa Umum, Retribusi Jasa Usaha, Retribusi Perizinan Tertentu dan sumber pendapatan lainnya.

“ Selama ini, sumber PAD di Kabupaten Nias Utara masih belum sesuai yang diharapkan di karenakan fasilitas yang di butuhkan masih belum memadai,  seperti retribusi parkir belum seluruhnya diterapkan di lokasi pekan dan tempat wisata di Kabupaten Nias Utara.

Begitu juga sumber PAD dari Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, masih belum dapat merealisasikan target yang telah di tetapkan oleh Pemerintah daerah mengingat tempat pelelangan ikan dan juga tempat parkir masih tahap pembenahan.

Untuk itu, Eliyudin menyampaikan, bahwa persentase target PAD tersebut masih menunggu realisasinya hingga akhir tahun 2022, karena Dinas Terkait yang menjadi Sumber PAD di Kabupaten Nias Utara masih terus bekerja. (MH)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar