BPN Nias Terus Kebut Penyelesaian Sertifikat Tanah Melalui Program PTSL

Kepala BPN Kab.Nias Mahyu Danil pada saat menyerahkan sertfikat tanah program PTSL di kabupaten Nias Januari 2022

KBRN,Gunungsitoli : Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias terus mengebut penyelesaian penerbitan sertfikat tanah kepada masyarakat dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di 3 kabupaten dan kota di Kepulauan Nias.

Kepala kantor Badan pertanahan nasional (BPN) kabupaten Nias Mahyu Danil kepada RRI.co.id mengatakan bahwa hingga bulan mei 2022 ini penyelesaian sertifikat tanah program PTSL sudah 10.000 ribu sertifikat, dari target tahun 2022 sebanyak 32.000 ribu sertifkat. Ke 32 ribu sertifikat ini meliputi 8.000 ribu kabupaten Nias, 8.000 ribu kabupaten Nias Utara, 8.000 ribu kabupaten Nias Barat dan 8.000 ribu kota Gunungsitoli. 

“ Dari target kita 32.ribu pada tahun 2022 ini, hingga saat ini yang sudah kita selesaikan baru 10 ribu sertfikat. Jadi di 3 wilayah ini progresnya sudah 30-40 persen, minus Nias Barat ya. Namun tetap akan tetap kita kebut tahun ini, termasuk di Nias Barat  ” Ujarnya (Kamis/26/5/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Mahyu Danil, kuota penerbitan sertfikat tanah sebanyak 32 ribu dari kantor BPN Nias pada tahun 2022 melalui program PTSL, merupakan kuota yang paling banyak di wilayah kerja BPN Sumatera Utara. Sehingga diharapkan bulan oktober 2022 akan datang sudah selesai di terbitkan.

“ Kami tetap berusaha paling lambat oktober 2022 ini sudah bisa selesaikan penerbitan sertfikat tanah dalam program PTSL ini. sehingga bila ada pengajuan tambahan sebelum akhir tahun 2022, segera kita sampaikan kepada kantor pertanahan provinsi Sumatera Utara ” Ungkapnya

Menurut keterangan yang disampaikan kepala kantor BPN Nias, persentase perserfikatan tanah di wilayah kerja BPN Kabupaten Nias masih di angka 40 persen. Untuk itu dirinya berhatap program sertifkat tanah gratis yang menjadi program Nasional ini dapat berjalan dengan baik dengan dukungan dari pemerintah daerah maupun masyarakat. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar