Penguatan UMKM Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Di Kota Gunungsitoli

Dialog Beranda Nusantara UMKM di PRO 1 RRI Gunungsitoli

KBRN, Gunungsitoli: Pandemi Covid 19 berdampak signifikan terhadap penurunan perekonomian termasuk di wilayah Kota Gunungsitoli.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar taraf ekonomi masyarakat pulih kembali.

"Beberapa dukungan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli didalam mendukung pelaku UMKM di Kota Gunungsitoli, antara lain telah menyediakan UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, ini merupakan sarana bagi pelaku UMKM Kota Gunungsitoli didalam mendapatkan dana untuk mengembangkan usaha. Disisi lain, Pemko Gunungsitoli setiap tahun melaksanakan pembinaan UMKM dalam berbagai bidang keahlian melalui pelatihan di bidang produksi, pemasaran digital, manajerial serta melakukan pendampingan kepada pelaku usaha dan koperasi. Dan Pemko Gunungsitoli juga telah membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah TPAKD yang bertujuan untuk mempercepat akses para pelaku UMKM di dalam hal keuangan,” jelas Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli Sozawato Nazara dalam Dialog Beranda Nusantara UMKM di Pro 1 RRI Gunungsitoli, Rabu (25/05/2022).

Disatu sisi, kehadiran pengelola Dana Bergulir juga dirasakan sebagai salahsatu wujud kehadiran Pemerintah pada kelompok ekonomi lemah. Lembaga pengelola Dana Bergulir dapat digunakan untuk mendapatkan pinjaman murah bagi pelaku UMKM. Hal ini tentunya berdampak positif dalam memulihkan dan membantu masyarakat yang mengalami kehilangan penghasilan karena usahanya terdampak pandemi cvid 19.

 “Saat ini lebih dari 240 debitur UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli hingga kini terus melanjutkan pembayaran angsuran pinjaman. Jumlah ini berasal dari 302 debitur yang ada selama ini.Dan dari angka itu juga, minggu ini saja ada sekitar 4-5 pelaku pinjaman yang melunasi pinjaman dengan faktor pelunasan yang dipercepat dan masa pelunasan yang paling singkat,” kata Deskariawan Larosa, Kepala UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli. 

Di sisi lain, diperlukan juga peningkatan kerjasama antara lembaga, perbankan, marketplace dan pelaku UMKM untuk dapat menyiapkan UMKM bersaing di pasar domestik di masa pandemi ini. 

“Peluang pasar terhadap UMKM di Kota Gunungsitoli cukup ada sehingga Pemko Gunungsitoli telah melakukan beberapa kerjasama dengan pelaku Usaha besar di dalam memasarkan produk-produk UMKM di Kota Gunungsitoli seperti Toko-toko besar, Alfa Midi, Indomaret, dan lain-lain,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Sozawato Nazara.

Pada prinsipnya Pemerintah terus menyediakan berbagai program dan kebijakan, baik dalam konteks pemulihan ekonomi di masa pandemi maupun beberapa program yang kedepannya yang diharapkan betul-betul dapat memberikan kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan bagi UMKM di wilayah kota Gunungsitoli.

“Kita tidak menutup kemungkinan kepada siapa saja bisa melakukan kerjasama, dengan tujuan yang sama yakni untuk mengembangkan UMKM binaan Dinas Perindustrian dan koperasi, usaha kecil menengah di kota Gunungsitoli,” tutup Sozawato.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar