Minggu Ketiga Mei 2022, 4-5 Debitur Lunasi Angsuran Dana Bergulir

KBRN, Gunungsitoli: Lebih dari 240 debitur UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli hingga kini terus melanjutkan pembayaran angsuran pinjaman.

Jumlah tersebut berasal dari 302 debitur yang ada selama ini.

Dari angka itu juga, ada sekitar 4-5 pelaku pinjaman yang melunasi dengan factor-faktor pelunasan yang dipercepat dan masa pelunasan yang paling singkat.

“Total debitur yang kita layani kan ada 302 debitur, tapi kan sudah banyak yang lunas, yang existing sekarang yang masih bergulir yakni sebanyak lebih dari 240 debitur, dan di minggu ini saja ada sekitar 4-5 yang sudah lunas, dimana yang lunas ini ka nada yang lunas karena mempercepat, ya mungkin dia punya rezeki maka dipercepat, ada juga yang lunas karena waktu peminjaman singkat 1-2 tahun selesai, hanya saja yang sudah melunasi ini karena mereka mengetahui bunga pinjaman rendah maka mereka mengajukan pinjaman lagi sebagai peminjam di dana bergulir lagi,” ujar Deskariawan Larosa SE Kepala UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, Senin (23/05/2022).

Pada prinsipnya, dalam pengelolaan dana bergulir sangat ditekankan sukses dalam pemanfaatan serta sukses dalam pengembalian.

“Kita tahun ini seperti biasa sih artinya ada juga pencairan dimana baru satu kali ya kita cairkan tahun ini, nilainya 250 juta rupiah dan kemudian memang tahun ini karena anggaran pemko tahun lalu deficit, maka tahun ini kita tidak ada disuplai dana lagi, jadi kita masih memegang dana yang sebelumnya sebesar 4 milyar rupiah, jadi itu saja yang kita putar dan itupun dana sudah ada ditangan masyarakat semuanya. Kita kan hanya berharap dana bergulir ini anggaran yang masuk, itupun tidak banyak, angsuran yang masuk tiap bulan itu kan sekitar 150 juta rupiah, ya itu saja yang kita putar,” kata Deskariawan.

Dana Bergulir Kota  Gunungsitoli adalah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dan di peruntukan bagi pelaku UMKM perorangan dan korporasi, untuk di kelola dan digulirkan kepada masyarakat yang bertujuan meningkatkan ekonomi warga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar