Penanganan Masalah Air Bersih di Kec.Lotu Masih Belum Tuntas.

KBRN, Gunungsitoli : Air bersih yang sempat mengalir ke rumah-rumah warga  Kecamatan Lotu di awal tahun 2022,  kembali macet.

Pantauan RRI di sejumlah rumah warga di Desa Hilidundra Kecamatan Lotu, sulit mendapatkan air bersih dan mereka mengharapkan air hujan dan air sumur yang cukup jauh dari tempat tinggalnya.

Salah soerang warga desa Hilidundra F Gea mengakui bahwa sangat sulit mendaptkan air bersih bahkan bila ada acara seperti pesta atau acara adat terpaksa membeli air bersih melalui mobil tangki.

Hingga kini belum diketahui oleh warga,  penyebab macetnya air bersih dari Desa Maziaya Kecamatan Lotu.

Sementara itu, Kepala UPTD PAB Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara Itolo Harefa menjelaskan, bahwa penyebab macetnya air bersih dari desa Maziaya yakni akibat kerusakan pipa yang dilakukan oleh oknum yang tidak dikenal.

Selama ini, memang pemerintah daerah selalu memperbaiki kerusakan pipa tersebut, namun  tetap saja tidak tuntas dan hal ini masih belum ada solusi untuk penyelesaian masalah tersebut.

“ berkali-kali melakukan pendekatan dengan warga penghibah tanah, namun tidak dapat terselesaikan dikarenakan mereka meminta agar seluruh keluarga mereka di tampung sebagai tenaga  harian lepas (THL)   yang bekerja di UPTD PAB Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara,” Ujar, Itolo.

Menurut Itolo permohonan penghibah tanah, tidak dapat di akomodir oleh Pemerintah daerah mengingat jumlah warga yang di angkat menjadi THL cukup banyak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar