Pembuatan Tanggul Tidak Menjamin Mengurangi Genangan Banjir.

KBRN, Gunungsitoli : Pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Utara, menghimbau warga agar selalu waspada ketika terjadi hujan deras utamanya yang berada di pinggir sungai Sowu di Desa Hilimbosi Kecamatan Sitoluori dan di pinggir sungai Muzoi di Kecamamatan Lahewa Timur.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias Utara Yasokhi Hulu mengatakan, bahwa walaupun Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, sedang membangun tanggul penahan banjir di dua lokasi tersebut namun tidak dapat menjamin tidak akan terjadi luapan banjir.

“ Hal ini terjadi karena sungai-sungai yang bergabung di sungai Muzoi dan sungai Sowu cukup banyak sehingga ketika hujan lebat, mengakibatkan luapan banjir, mengingat sekarang ini dari hulu sungai terjadi penebangan pohon yang dapat menahan banjir” Ujar, yasokhi.

Menurut Yasokhi, Ketika hujan lebat warga yang berada di pinggir sungai perlu mencari tempat aman, guna mengurangi resiko bencana banjir yang pernah terjadi di Kabupaten Nias Utara baik pada bulan agustus dan Desember 2021 lalu.

Ia juga berharap, agar warga Kabupaten Nias Utara dapat melestarikan lingkungan tanpa menebang pohon sembarangan dan melakukan galian golongan C yang dapat menimbulkan bencana banjir dan longsor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar