Tahun 2022 Pemkab Nias Dapatkan Kuota Program PTSL Sebanyak 8.500 Sertifikat

KBRN,Gunungsitoli: pada tahun 2022 pemerintah kabupaten Nias mendapatkan kuota penerbitan sertifikat tanah melalui program PTSL dari BPN Nias sebanyak 8.500 sertifikat. Penerbitan sertifikat melalui programa PTSL ini diharpakan masyarakat di kabupaten Nias mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki dan juga mendapatkan nilai ekonomi atas tanahnya.

Bupati Nias Ya'atulo Gulo kepada RRI.co.id menyampaikan bahwa dalam mensukseskan program PTSL ini maka pemerintah kabupaten Nias telah mengambil kebijakan untuk mensubsidi BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan). Hal ini untuk membantu masyarakat di kabupaten Nias dalam mempermudah pengurusan dokumen sertifikat tanah melalui program PTSL.

Sebelumnya juga, Bupati Nias Yaatulo Gulo telah menyerahkan sertifikat tanah kepada warganya secara simbolis sebanyak 3.075 sertifikat melalui program strategis nasional PTLS. Penyerahan tersebut dilaksanakan di gedung serbaguna kecamatan Gido pada Kamis/6/1/2021 yang bekerjasama dengan kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Nias.

Adapun sertifikat yang diserahkan yakni program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 1.942 sertikat, sertifikat retribusi tanah sebanyak 1.000 sertikat, lintas sektoral sebanyak 49 sertifikat, dan sertifikat aset pemerintah kabupaten Nias sebanyak 83 sertifikat.

Sementara itu kepala kantor BPN kabupaten Nias Mahyu Danil saat di wawancarai RRI mengatakan bahwa tahun 2022 kantor BPN Nias mendapatkan kuota penerbitan sertifikat tanah program Strategis Nasional sebanyak 29 ribu sertikat yang meliputi Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara, kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias. Jumlah ini merupakan tertinggi di wilayah Sumatera Utara.

" Tahun 2022 ini kita dari BPN Nias mendapatkan kuota penerbitan sertifikat tanah sebanyak 29 lebih dalam program Strategis Nasional. Dan 29 ribu sertikat ini akan kita bagikan lagi di 3 kabupaten dan 1 Kota Se-Kepulauan Nias " Ujar Mahyu Danil (Sabtu/22/1/2022).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar