3 Hari Mengikuti Pelatihan Kuliner, Pelaku UMKM Di Kabupaten Nias Ciptakan Peluang Usaha

KBRN,Gunungsitoli : Setelah berlangsung selama 3 hari, Kepala dinas ketenagakerjaan dan Koperasi Kabupaten Nias resmi menutup pelatihan Kuliner berupa produk makan yang terbuat dari hasil pertanian seperti Pisang maupun Ubi yang diikuti para kelompok UMKM di Kabupaten Nias.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan sejak hari Senin 6 Desember 2021 dan beralhir hari ini Rabu 8 Desember yang di pusatkan di aula Nusa Lima Beach, desa Fowa Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi.

Kadis Ketenagakerjaan dan koperasi kabupaten Nias Tolona Laoli,SH kepada RRI.co.id mengatakan bahwa Pelatihan Kuliner tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pelaku UMKM di bidang kuliner olahan makanan, sehingga di harapkan dapat di kembangkan menjadi usaha.

" Selama 3 hari kita telah memberikan pelatihan kepada mereka. Para pelatih yang profesional di bidang ini sengaja kita datangkan dari kota Binjai Sumatera Utara. Harapan kita bisa di kembangkan menjadi usaha membuat kue dan bisa menjadi sumber pendapatan Perekonomian keluarga " Ujarnya (Rabu/8/12/2021)

Suwarni Salah seorang narasumber/ pelatih Kuliner mengapresiasi semangat para peserta dalam mengikuti pelatihan Kuliner ini.

" Peserta pelaku UMKM sebanyak 25 orang ini sangat antusias mengikuti pelatihan ini selama 3 hari berturut turut. Apa yang sudah kita sampaikan sudah bisa di terima 90 persen. Sehingga mereka bisa menjadi Narasumber di desanya masing-masing " Katanya.

Selama 3 hari ini jelasnya, bukan hanya sebatas teori saja yang diberikan, namun langsung diberikan praktek pembuatan sejumlah jenis kue dan makanan ringan.

" Kita berharap setelah pelatihan ini, mereka bisa mengembangkan. Usaha kuliner bidang makanan salah satu peluang besar dalam dunia bisnis " Ungkapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar