Pemulihan Ekonomi Masyarakat Melalui DD 2022, Diatur melalui PP No. 7 Tahun 2021 di Kab. Nias Utara

KBRN, Gunungsitoli : Pemulihan Ekonomi melalui Dana Desa tahun anggaran 2022, di tentukan melalui musyawarah desa (Mudes) di Setiap desa.

Kepala Bidang PUEM Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sukemi Harefa mengatakan, Pemulihan ekonomi masyarakat ada berbagai jenis diantaranya, melalui pengembangan Bumdes, Bidang Pertanian dan bidang Perikanan.

Pedoman Pemulihan ekonomi tersebut, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 tahun 2021, tentang penggunaan dana desa tahun 2022,  di setiap desa di seluruh Kabupaten Kota se-Indonesia.

Pemerintah harus menerbitkan Peraturan Pemerintah tentang penggunaan dana desa tersebut, agar pemerintah daerah tidak mengintervensi kegiatan dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

“bila pemerintah daerah mengintervensi kegiatan di desa maka dapat terkendala dalam penyusunan anggaran, ketika kegiatan tersebut tidak butuh di desa sehingga penetapan kegiatan di desa harus melalui musyawarah desa “ Ujar, Sukemi.

Peraturan Pemerintah No.7 tahun 2021, memang sudah mulai di terapkan tahun 2021 ini, namun di harapkan untuk tahun 2022 mendatang dapat terlaksana dengan maksimal demi kebutuhan masyarakat Desa. (MH)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar