Pengunaan Dana Siap Pakai Terbatas Pemkab Nias Utara Jadikan Belanja Tak Terduga

KBRN, Gunungsitoli : Dana Siap Pakai (DSP) yang telah dialokasikan pemerintah daerah dalam anggaran BPBD tahun sebelumnya,  di tiadakan di Kabupaten Nias Utara.

Sekretaris BPBD Kabupaten Nias Utara Isari Zendrato mengatakan, Alasan Pemerintah menghapus DSP di BPBD yakni DSP tersebut tidak dapat digunakan untuk program diluar  penanganan tanggap darurat bencana.

Seandainya pada tahun itu tidak ada kejadian bencana maka DSP tersebut di kembalikan ke APBD atau PAPBD sehingga kurang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

“ Seperti tahun 2017 lalu, pernah di anggarkan DSP tersebut, namun tidak digunakan mengingat pada saat itu tidak ada bencana alam yang terjadi di Kabupaten Nias Utara sehingga di kembalikan ke PAPBD” Ujar, Isari.

Solusi dari Pemerintah daerah agar lebih bermanfaat, DSP tersebut dijadikan Belanja Tak Terduka (BTT) sehingga tidak hanya saat tanggap  darurat bencana di manfaatkan dana tersebut, tetapi untuk kebutuhan yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menyampaikan,  bahwa  BTT tersebut dapat membantu masyarakat kabupaten Nias Utara, yang di sesuaikan dengan nomenklatur yang telah di tetapkan Pemerintah daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar