Bulog Dorong Masyarakat Menjadi Mitra Rumah Pangan Kita

KBRN_26_RPK_di_kepulauan_nias.jpg

KBRN, Gunungsitoli: Terdapat sekitar 400 Rumah Pangan Kita RPK sebagai mitra usaha terhadap penjualan di KCP Perum Bulog Gunungsitoli.

“Rumah Pangan Kita/RPK adalah outlet penjualan milik masyarakat yang dibina oleh Perum Bulog. Pembinaan yang dilakukan berupa pengembangan usaha pada mitra dan pemakaian aplikasi Sahabat RPK. Komoditi yang disediakan bulog antaralain beras, minyak goreng dan gula pasir. Khusus beras, kemasan yang disediakan oleh pihak Bulog berada pada rentang ukuran 10-14 kilogram,” jelas Kepala KCP Perum Bulog Gunungsitoli Deni Jose Swandi Manik, Jumat (26/11/2021).

Untuk harga penjualan menyesuaikan dengan harga eceran tertinggi/HET yang telah ditentukan oleh Bulog. Kewajiban RPK adalah mencatat, melaporkan dan merencanakan penjualan harian kepada Bulog. Jika barang habis, maka mitra RPK bisa melakukan order ulang.

“Perkembangan yang cukup pesat dan signifikan terjadi di daerah Kabupaten Nias Barat. Di wilayah tersebut ada sekitar 70-80 RPK yang tetap aktif melakukan pembelian barang minimal 1-2 kali dalam sebulan,” kata Deni Jose Swandi Manik.

Menjadi mitra Bulog dalam program Rumah Pangan Kita dinilai penting dilakukan untuk mengantisipasi kestabilan harga kebutuhan pokok, selain itu sebagai antisipasi adanya kelangkaan barang kebutuhan pokok.

“Untuk membuka Rumah Pangan Kita, syarat yang diperlukan antaralain foto copy KTP dan KK dan yang paling penting adalah pendaftar harus sudah memiliki lahan atau tempat usaha,” tutup Deni Jose.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar