Dinas PM-PPTSP Nias Gelar Rakoor dan Sinkronisasi Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal Tahun 2021

Foto Wabub Nias (Kiri) dan kadis PM-PPTSP (kanan) pada acara rakoor dan sinkronisasi Pembinaan penanaman modal 2021

KBRN,Gunungsitoli : Dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, Wakil Bupati Nias Arota Lase membuka secara langsung pelaksanaan pembukaan rapat koordinasi dan sinkronisasi pembinaan pelaksanaan penanaman modal di kabupaten Nias tahun 2021, yang digelar di balai serbaguna howu-howu desa lasara idanoi kecamatan Gido, (Kamis/14/10/2021).

Drs.Ingati Hura Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupten Nias kepada Radio Republik Indoensia menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan rapat koordinasi dan sinkronisasi pembinaan pelaksanaan penanaman modal di kabupaten Nias tahun 2021 yakni peraturan badan koordinasi penanaman modal nomor 6 tahun 2020 tentang pedoman dan tata cara pengendalian pelaksanaan penanaman modal, peraturan badan koordinasi penanaman modal nomor 10 tahun 2020 tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus non fisik fasilitasi penanaman modal tahun anggaran 2021 dan peraturan bupati nias nomor 10 tahun 2021 tentang perubahan kedua atas peraturan bupati nomor 48 tahun 2020 tentang penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021

Sementara tujuan kegiatan rapat koordinasi dan sinkronisasi ini adalah untuk menyampaikan informasi sekaligus menyamakan persepsi seluruh pihak-pihak yang berkepentingan terkait pemanfaatan sistem pelayanan perizinan berbasis risiko dan berbagai ketentuan baru di bidang penanaman modal. pada kegiatan ini, akan difasilitasi juga para pelaku usaha yang belum memperoleh nomor induk berusaha (NIB) sebagai identitas pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan berusaha.

“ kegiatan rapat koordinasi dan sinkronisasi ini dilaksanakan sebanyak 3 gelombang. Untuk gelombang I dilaksanakan mulai pada tanggal 14, 15 dan 18 oktober 2021, bertempat di balai serbaguna howu-howu desa Lasara Idanoi kecamatan Gido. Sedangkan gelombang Ke-II dilaksanakan pada akhir bulan oktober 2021 dan gelombang ke-III dilaksanakan pada awal bulan November 2021 ” Ujar Ingati Hura.

Lebih jauh dijelaskan Ingati Hura, peserta kegiatan rapat koordinasi dan sinkronisasi ini terdiri dari kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, para Camat Se-Kabupaten Nias, para pejabat pengelola hak akses turunan lingkup OPD terkait serta perwakilan pelaku usaha baik badan usaha maupun perorangan, yang seluruhnya berjumlah 120 orang.

Adapun materi yang disampaikan pada rapat koordinasi ini meliputi kebijakan pembangunan daerah terkait penanaman modal di kabupaten Nias, dengan narasumber kepala Bappeda kabupaten Nias, pengertian dan implementasi perpajakan di indonesia, dengan narasumber kepala kantor pelayanan penyuluhan dan konsultasi perpajakan Gunungsitoli, program jaminan kesehatan, dengan narasumber kepala BPJS kesehatan kabupaten Nias, manfaat program BPJS ketenagakerjaan bagi pelaku usaha, dengan narasumber kepala BPJS ketenagakerjaan Gunungsitoli, program pelaksanaan pertashop, dengan narasumber manajer Pertashop Area Kepulauan Nias, sistem perizinan berbasis risiko (oss-rba) dan simulasi pemanfaatannya, dengan narasumber tenaga pendamping pada Dinas PM-PPTSP Kabupaten Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00