Perlu Dukungan Pihak Terkait Terhadap Usaha Kerajinan Tangan Yang Digeluti Kharisman Gea Warga Desa Esiwa Kab. Utara.

KBRN, Gunungsitoli :  Hingga kini usaha kerajinan tangan yang dikembangkan oleh Kharisman Gea yang merupakan warga Desa Esiwa, Kecamatan Namohalu Esiwa, belum ada perhatian pemerintah daerah.

Kharisman Gea menjelaskan Usaha kerajinan tersebut yakni membuat asbak rokok, pot bunga, gantungan kunci, kancing baju dan perhiasan rumah yang terbuat dari batok kelapa, bambu dan akar pohon yang mudah di temukan di wilayah Nias Utara.

Sejak tahun 2017 usaha kerajinan itu sudah mulai dikembangkan namun  hingga kini masih belum menjadi sumber penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga sehari-hari, dikarenakan peralatan yang di butuhkan masih tradisional.

Selama ini hasil-hasil kerajinan tangan yang ia miliki, sudah mulai di promosikan melalui status Facebook atas nama Kharisman Gea,  namun belum banyak peminat sehingga stok yang tersedia  minim,  dan bila nantinya sudah mulai laris maka usaha tersebut akan di kembangkan mengingat masih kerja sampingan setelah pulang dari kebun.

“ Hasil kerajinan tangan itu dijual dengan harga yang sangat terjangkau   ada yang  50 ribu, 100 ribu, 200 ribu yang dapat di pesan baik melalui Media sosial Facebook dan juga langsung datang di rumah pemilik usaha di Dusun 2 Desa Esiwa Kecamatan Namohalu Esiwa” Ujar, Kharisman Gea, Rabu (22/9/2021).

Dirinya selaku pemilik usaha, sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah,  seperti  : alat ukir, mesin ukir tempat promosi dan alat tranportasi yang hingga kini menjadi kendala dalam mengembangkan usaha kerajinan tangan tersebut.

Menanggapi Hal itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara, Drs. Foloo Hulu mengatakan, bahwa usaha kerajinan yang dikembangkan Kharisman Gea sangat baik.

“ meminta agar pemilik usaha kerajinan tangan An. Kharisman Gea agar dapat meyurati Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara, tentang peralatan yang akan di butuhkan sehingga nantinya kedepan salah satu bahan perhatian Pemerintah daerah” Ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00