Harga Pinang dan Biji Coklat Naik Di Gunungsitoli

kbrn_20_ harga_pinang_dan_coklat_bagus.jpg

KBRN, Gunungsitoli: Harga sejumlah komoditas pertanian seperti pinang dan Biji Coklat /kakao di kota Gunungsitoli mengalami kenaikan.

Untuk harga biji pinang naik dari Rp.20.000 menjadi Rp.21.500 perkilogram, sementara harga biji coklat dari Rp.22.000 menjadi Rp.23.000 perkilogram. Kenaikan harga  ini disebabkan tingginya permintaan.

“Tentunya kita berharap harga komoditas pertanian seperti pinang dan Biji Coklat yang tinggi itu terus bertahan dalam waktu lama sehingga masyarakat petani di desa memiliki sumber pendapatan dari hasil perkebunan itu,” ujar Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Gunungsitoli Budi Karonias Telaumbanua, Senin (20/09/2021).

Di daerah kecamatan Gunungsitoli Alo’oa banyak pohon pinang. Hampir rata-rata masyarakat menanam pohon pinang. Malah ada bibit pinang betara yang dibeli langsung petani dari Pekanbaru/ daerah Jambi. Seperti milik Yaaman Zega/ anggota kelompok tani perkebunan Desa Nazalou Lolowua kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

“Pinang mulai diusahakan di kelompok tani desa Nazalou Lolowua kecamatan Gunungsitoli Alo’oa dengan swadaya petani, hampir 4 hektar. Kalau harganya mahalkan warga petani bisa menikmati keuntungannya,” tutup Budi Karonias.IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00