Penerbangan Sempat Tertunda, Saat Lepas Landas Penumpang Malah Buka Pintu Darurat

Penumpang Wings Air diminta turun oleh petugas di Bandar Udara Binaka Gunungsitoli

KBRN, Gunungsitoli: Sebuah penerbangan ditunda beberapa menit dan seorang penumpang ditahan oleh petugas setelah ia membuka pintu darurat. Kejadian ini terjadi sebelum penerbangan lepas landas di bandar udara International Kualanamu Medan, tujuan bandar udara Binaka Gunungsitoli, Sumatera Utara, Minggu (07/3/2021).

Peristiwa itu terjadi pada penerbangan Wings Air ATR 72-500 dengan nomor penerbangan IW 1248, yang dijadwalkan lepas landas 08:45 Waktu Indonesia Barat. Awak kabin telah memberi pengarahan kepada seorang pria tentang peraturan ketika duduk di sebelah pintu darurat dan mengingatkannya untuk tidak menyentuh tombol yang membuka pintu darurat.

"Orang kita Nias ini yang kata penumpang di sampingnya datang dari Duri Pekanbaru mau balek ke Nias. Seusai pramugari memberi arahan dan pesawat siap lepas landas entah apa yang ada dipikirannya hingga dia memegang gagang pintu dan menariknya sampai terbuka," ujar Yaaro Harefa, salah seorang saksi mata.

Petugas mencoba memperbaiki pesawat itu, lanjut Yaaro Harefa, namun belum normal seperti biasanya akhirnya pilot dan para teknisi menyepakati agar penumpang kembali keterminal.

"Setelah istrahat beberapa menit di terminal, petugas kembali memberi aba-aba agar penumpang naik ke pesawat yang baru pada pukul 09:45 Wib sementara pesawat pertama kelihatan masih diperbaiki," ungkapnya.

"Saat kami di terminal pelaku tidak nampak dan menurut info masih diperiksa untuk dimintai keterangan dan sampai kami berangkat pelaku tidak kelihatan ikut serta dalam pesawat atau masih di ruangan petugas," tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak maskapai, namun seperti diketahui, mengganggu ketertiban umum di dalam pesawat terbang. Hukuman dan denda yang cukup besar menunggu para pelanggar peraturan ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00