Pembangunan Bandar Udara Silambo Nias Selatan Terkendala Akibat Covid 19

Lokasi Bandara Silambo (Sumber:BagaBaga TV)

KBRN, Nias Selatan : Tindak lanjut pembangunan bandara Silambo Kabupaten Nias Selatan terhambat akibat pandemi Covid 19. Karenanya, bandara yang menjadi salah satu prioritas pembangunan tahun 2020 dengan anggaran sebesar 20 Milyar seratus juta Rupiah tersebut belum dapat dimanfaatkan pada tahun 2021 ini. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ikhtiar Duha, menjelaskan, akibat pandemi covid 19, anggaran pembangunan bandara Silambo tidak dapat direalisasikan seluruhnya. Dengan demikian, untuk saat ini, anggaran yang digelontorkan hanya untuk membangun sebagian fasilitas saja. 

“Tahun 2021 ada beberapa anggaran untuk digelontorkan disana. Secara teknis, Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR yang lebih mengetahui mengenai fasilitas apa saja yang dibangun,” ungkap Ikhtiar kepada RRI, Sabtu (06/3/2021). 

Keberadaan Bandara sangat penting dalam memajukan Kabupaten Nias Selatan sebagai daerah pariwisata, pasalnya menurut Ikhtiar, gerbang masuk pariwisata dalam skala besar adalah melalui bandara. 

Meski diakui, pariwisata merupakan salah satu sector yang mengalami dampak pandemi, namun ia optimis kesempatan tersebut digunakan untuk memotivasi pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pembangunan bandara tersebut. 

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah berokoordinasi dengan PLN terkait pembangunan jaringan listrik di kawasan bandara. 

Selain itu, masih ada beberapa tahap lagi dari total 14 tahapan yang harus diselesaikan dalam merampungkan pembangunan bandara yang berlokasi di Desa Botohili Silambo dan Desa Hilimaniamolo Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan tersebut. 

"Salah satu tahapan yang ditunggu adalah Surat Keputusan dari Kementerian Perhubungan terkait izin bandara," katanya. (ANO)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00