Aparat Pengelolaan Keuangan Desa Ikuti Pelatihan Siskeudes

KBRN, Nias Selatan: Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nias Selatan mengelar pelatihan dan bimbingan teknis penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.3.

Berlangsung selama delapan hari di Aula Kantor DPMD Nias Selatan, pelatihan ini diikuti peserta sebanyak 875 Kepala Desa dan aparat pengelola keuangan dari perangkat desa di 35 kecamatan se-Kabupaten Nias Selatan. 

Salah seorang Kepala Desa, Suka Damai Halawa, M.Th, Desa Maluo, Kecamatan Hilisalawa'ahe, mengatakan Siskeudes sangat membantu, dan memudahkan para kades serta kaur keuangan desa untuk menginput semua data yang berbaur dengan dana desa.

Sementara itu, Rini P. Zalukhu, AMK Kaur Keuangan di Desa Sifaoroasi Huruna, Kec. Huruna menyambut baik pelatihan tersebut karena sangat bermanfaat dan efektif meminimalisir kesalahan. 

"Aplikasi ini sangat bermanfaat dan kami ucapkan terimakasih kepada para panitia sehingga memudahkan kami dalam pengisian bidang kegiatan sehingga meminimalisir kesalahan dalam penginputan data dalam merealisasikan dana desa," ucapnya, Sabtu (27/2/2021). 

Dikesempatan yang sama, Fejisman Duha, Am.d, Kasi Administrasi Desa sekaligus sebagai fasilitator pelatihan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkat desa lainnya, khusus dalam pembinaan pengelolaan keuangan desa dan pengunaan aplikasi siskeudes 2.0.3. 

Pelatihan ini berlangsung dengan pembagian dua sesi, setiap sesi hadir dua kecamatan. Penutupan Pelatihan dan Bimtek  Siskeudes 2.0.3 diikuti peserta dari Kecamatan Huruna dan Kecamatan Somambawa. (Indah Dachi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00