Masyarakat Nias Selatan Diminta Peduli Cagar Budaya

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kab. Nias Selatan

KBRN, Nias Selatan: Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mengajak masyarakat untuk melindungi dan melestarikan Cagar Budaya yang ada di daerah agar terjaga keberadaannya. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga  Anggraeni dachi, SP.,M.Si, dalam dialog Interaktif di Studio RRI Nias Selatan dengan topik Cagar Budaya Butuh Sentuhan Kita. 

Anggraeni Dachi, mengemukakan khusus di Kabupaten Nias Selatan ada beberapa cagar budaya yang perlu dilindungi diantaranya, rumah adat dan hasibatu. 

Akan tetapi, lanjut Anggreani, kepedulian masyarakat untuk menjaga cagar budaya tersebut masih rendah. Akibatnya Cagar Budaya tersebut rawan rusak sehingga apabila tidak cepat ditangani maka cagar budaya tersebut akan punah atau hilang. 

‘’Hal ini merupakan salah satu kendala kami, karna benda-benda ini rawan rusak jadi perlu penanganan cepat dan tepat,” ujarnya, Rabu (24/02/2021). 

Selain itu pihaknya mengakui minimnya SDM yang mengetahui tentang cagar budaya ini masih rendah, sehingga dibutuhkan keaktifan masyarakat dan semua pihak untuk peduli terhadap cagar budaya. 

Ia menambahkan bagi masyarakat yang mengetahui di daerahnya terdapat Cagar Budaya, agar mendaftarkannya di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00