221 Anak Ikuti Perekaman Kartu Identitas Anak di Kelurahan Ilir

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah kota Gunungsitoli melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil terus berbenah terkait perekaman data dan identitas. Kini, selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk warga usia 17 tahun ke atas, juga ada Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP anak.

Terkait hal itu, Kantor kelurahan Ilir memfasilitasi pelaksanaan Pelayanan perekaman Kartu Identitas Anak /KIA yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gunungsitoli, yang berlangsung hari ini di kantor kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli.

“Sesuai instruksi dari pihak Dukcapil, perekaman ini dimulai dengan tahun kelahiran 2009 sampai dengan 2016, atau 5 sampai dengan 12 tahun. Syukurlah sesuai jadwal, pelaksanaan kegiatan tersebut terlaksana satu hari ini sejak pukul 09.00 sampai 16.00 wib, dalam surat yang diberikan oleh Dukcapil sih, jumlah Perekaman Pembuatan Kartu Identitas Anak untuk 3 lingkungan di Kelurahan Ilir ini ada sebanyak 1.077 0rang, dan sampai saat ini sudah ada 221 yang mengikuti perekaman, sementara bagi yang belum perekaman, maka akan dijadwalkan kembali oleh petugas dari Dukcapil”, Ungkap Lurah Ilir Kecamatan Gunungsitoli Ahmad Irfan Zebua, (Senin 25/01/2021).

Adapun Syarat berkas yang dibawa antaralain 1. Fotocopi Kartu keluarga, 2. Fotocopi Akta lahir anak, 3. fotocopi Ktp kedua orang tua/salah satu, 4. Map merah 1 lembar dan untuk masing-masing anak satu Map tidak boleh digabung apabila bersaudara, 5. Agar anak dibawa pada saat perekaman karena akan diambil foto.

“Jadi, untuk hari ini, pelayanan perekaman pembuatan KIA dilakukan untuk 3 lingkungan terlebih dahulu, yakni di lingkungan 1, lingkungan 2 dan lingkungan 8 dan akan berlanjut pada minggu depan,”ungkap Lurah Ilir.

Ia menilai kepemilikan KIS sangat bermanfaat karena data dalam KIA dapat digunakan sebagai data pendidikan hingga pembuatan paspor anak.IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00