Kadis PUPR Nias Utara Bersama Dandim 0213 Nias Tandatangani Perjanjian Kerjasama Normalisasi Sungai.

KBRN, Gunungsitoli : Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan kerjasama dengan Dandim 0213 Nias, untuk normalisasi sungai di 2 Lokasi.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara Bernard Nazara mengatakan, bahwa, Kerjasama dalam bentuk suakelola tersebut sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018, tentang Pengadaan barang dan jasa, yang dapat di lakukan kepada pihak Lembaga, Kementerian atau Badan Lainnya.

Berdasarkan Perpres tersebut, Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dandim 0213 Nias, untuk normalisasi sungai Ehau di Kecamatan Lotu dengan Sungai Tumula Desa Ononamolo Tumula Kecamatan Alasa.

Normalisasi sungai tersebut akan di laksanakan tahun 2021 mendatang oleh Kodim 0213 Nias dengan dana yang dibutuhkan untuk normalisasi sungai Ehau sebesar Rp 998 juta, dan Normalisasi sungai Sungai Tumula sebesar Rp 389 juta, yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias Utara tahun 2021.

“ Kegiatan untuk normalisasi sungai Ehau dan Tumula yakni : pengerukan, pembersihan dan pelebaran sungai,  yang kondisinya saat ini mempengaruhi meluapnya air sungai yang dapat mengganggu aktivitas warga” Ungkap, Bernard.

Sebelum pelaksanaan kegiatan normalisasi sungai di dua lokasi Dinas PUPR Nias Utara dengan Pihak Kodim 0213 Nias, akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat pemilik lahan untuk menyelesaikan dokumen pembebasan lahan.

Diakhir keterangan Bernard, Kiranya Masyarakat dapat mendukung penyelesaian dokumen  pembasan tanah karena salah satu solusi mengatasi banjir di sungai Ehau dengan sungai tumula, hanya kegiatan normalisasi sungai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00