Pemkab Nias Gelar Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Ke-XVII

peringatan bhakti sosial Gotong Royong tahun 2020

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah kabupaten Nias melalui Dinas PMD melaksanakan peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat ke XVII dan hari keasatuan gerak PKK ke 48 kabupaten Nias tahun 2020. Acara yang digelar di halaman kantor PMD kabupaten Nias di kecamatan Gido ini, dihadiri langsung Bupati Nias, Forkopimda, ketua Tim PKK kabupaten Nias, kepala OPD, para camat dan Kepala Desa, (Selasa/24/11/2020).

Kepala Dinas PMD kabupaten Nias Fanolo Laoli mengatakan bahwa pelaksanaan bulan bhakti gotong royong masyarakat ini berdasarkan peraturan presiden RI Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaaan kesejahteraan keluarga, dan peraturan Mendagri Nomor 42 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan bulan bhakti Gotong Royong masyarakat.

“ Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menjaga dan melestarikan budaya Gotong Royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia sekaligus meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam membangun “ Ujarnya.

Selain itu dilanjutkan Kadis PMD, melalui peringatan bulan bhakti gotong royong ini diharapkan dapat meningkatkan kemitraan antar masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil pembangunan.

Sementara itu Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM dalam kegiatan peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat ke XVII menyampaikan bahwa Gotong Royong merupakan nilai luhur dan kekuatan bangsa Indonesia yang telah tumbuh, berkembang dan menjadi karakter dalam setiap sendi kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

“ Nilai nilai Gotong royong ini telah menjadi salah satu kearifan lokal daerah. dan menjadi karakter dalam setiap sendi kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat “ Kata Bupati Nias.

Dilanjutkannya, penyelenggaraan peringatakan bulan bhakti Gotong Royong mengingatkan kita dalam membangkitkan semangat Gotong Royong dan peran masyarakat dalam membangun. Menurutnya, Gotong Royong merupakan modal sosial yang tumbuh dan berkembang ditengah tengah masyarakat, dan perlu terus dilestarikan.

“ Upaya melestarikan ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, sehingga mewujudkan masyarakat kabupaten Nias yang maju, mandiri dan sejahtera “ Ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Nias kembali mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat di kabupaten Nias untuk tetap menjaga protokol kesehatan covid-19, dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00