Dansatgas Operasi Percepatan Penanganan Covid-19 Ajak Warga Nias Isolasi Terpusat

Danrem 023/KS Kol.Inf Febriel Buyung Sikumbang
Dansatgas Operasi percepatan penangan covid-19 di kepulauan nias

KBRN, Gunungsitoli: Dansatgas Operasi Percepatan Penangan Covid-19 wilayah Kepulauan Nias yang juga selaku Danrem 023/KS, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, berharap kerjasama yang baik dari masyarakat untuk mensukseskan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kepulauan Nias.

Hal itu dikemukakannya kepada Radio Republik Indonesia terkait adanya sejumlah warga yang masih ragu dan takut menjalani untuk dilakukan isolasi secara terpusat.

"Kami selaku komandan satuan gugus tugas operasi percepatan penanganan covid-19 di kepulauan nias berharap masyarakat mau mengikuti isolasi terpusat di lokasi yang telah ditentukan," ujarnya, Minggu (27/09/2020).

Menurutnya, dari beberapa laporan petugas dilapangan ditemui masih ada sejumlah warga yang menolak dilakukan isolasi terpusat di beberapa hotel yang telah disediakan oleh pemerintah provinsi sumatera utara meski telah di yakinkan akan diberikan pelayanan terbaik secara gratis.

"Masyarakat seharusnya mampu menghilangkan stigma buruk dan keraguan serta kecemasan mengikuti isolasi terpusat karena petugas akan memberikan pelayanan terbaik selama mengikuti isolasi bagi seluruh pasien yang reaktif maupun yang telah terpapar," katanya.

Untuk itu, Kolenel Inf Febriel Buyung Sikumbang menghimbau kepada seluruh masyarakat yang merasa memiliki riwayat telah kontak langsung dengan salahsatu pasien covid-19 agar segera melaporkan diri kepada petugas sehingga dilakukan penanganan rapid test oleh dinas terkait.

"Jangan malu mengakui bila telah kontak dengan pasien reaktif maupun yang telah terpapar covid-19, karena penyakit covid-19 bukan aib yang bisa menyerang siapa saja. Dukunglah kami melalui isolasi terpusat," ucapnya.

Seperti diketahui, Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 dikepulauan Nias oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah melakukan berbagai upaya menjadikan Nias hijau kembali dari Covid-19 dengan menyewa sejumlah hotel yang ada dikota Gunungsitoli mapun di Kabupaten Nias Selatan.

Untuk wilayah I yang meliputi Kota Gunungsitoli, Nias dan Nias Utara, Pemprovsu telah menyediakan Hotel Charlita, Soliga, Miga Beach, Mega Nasional, Malaga, Nias Palace dan hotel Stree, sementara Wilayah II untuk Kabupaten Nias Barat dan Nias Selatan telah disediakan Hotel Yonas I dan Yonas II serta Rusunawa Lanal Nias sebagai tempat isolasi terpusat.

"Bagi seluruh masyarakat yang telah terpapar covid -19 maupun yang berstatus reaktif agar dengan penuh kesadaran mau melaksanakan isolasi terpusat," harap Kol.Inf Febriel Buyung Sikumbang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00