Calon Perangkat Desa Lolofaoso Tabalaoho Hari Ini Ikuti Ujian Tertulis dan Wawancara

KBRN, Gunungsitoli: Sembilan orang calon perangkat desa lolofaoso Tabaloho kecamatan Gunungsitoli selatan mengikuti ujian tertulis dan wawancara bertempat di balai desa, Sabtu (26/09/2020).

Sebelum ujian dimulai dilaksanakan apel di halaman balai desa yang diikuti kepala desa, Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon perangkat desa, Unsur BPD dan para peserta ujian. Selanjutnya disaksikan oleh seluruh yang hadir kepala desa Gatizaro Zebua membuka brankas tempat penyimpanan kertas soal, lembar jawaban dan kunci jawaban baru kemudian dibagikan kepada peserta ujian. Selanjutnya Camat Gunungsitoli Selatan membacakan tata tertib ujian.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon perangkat desa Lolofasoso Tabaloho Berkat Jaya Lase mengatakan ujian yang berlangsung hari ini meliputi ujian tertulis dan wawancara.

“Tim sudah menyiapkan 100 soal, 40 poin tentang UUD dan Pancasila, 40 poin dari pemerintahan desa, dan 20 poin tentang perkantoran desa, waktunya 90 menit, setelahnya peserta akan mengikuti sesi wawancara”, ungkap Berkat.

Menurut Berkat pemeriksaan lembar jawaban dilakukan oleh tim dan pengumuman peserta berdasarkan nilai terendah yang tertinggi.Selanjutnya hasil ujian akan dilaporkan kepada kepala desa untuk diserahkan kepada camat.

“Setelah camat menerima hasil ujian nanti akan segera mengeluarkan rekomendasi sebagai dasar kepada kepala desa untuk menerbitkan surat pengangkatan, harapan kita rekomendasi bisa keluar secepatnya”, harapnya.

Ditempat yang sama Kepala desa Lolofaoso Tabaloho Gatizaro Harefa berharap para peserta bisa menyelesaikan ujian dengan baik dan siapapun yang kelak terpilih maka mampu mengemban tugas sebagai aparat desa yang bertanggung jawab.

“Kita sudah berikan pemahaman kepada calon perangkat desa jika ada yang hasilnya tidak memuaskan maka marilah legowo menerima hasilnya, harapan kami perangkat desa yang terpilih adalah yang terbaik”ujar Gatizaro.

Bertindak sebagai pengawas selama ujian berlangsung dan sebagai pewawancara yakni camat Gunungsitoli Selatan, Kepala desa ketua BPD. Dari 9 orang peserta 3 diantaranya adalah perempuan sementara yang akan direkrut berjumlah 4 orang untuk mengisi jabatan Sekretaris desa, Kaur Umum dan Tata Usaha, Kaur Keuangan dan Kasi Kesejahteraan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00