Jelang Idul Adha 1441H/2020M, Tim Dinas Pertanian Kab.Nias Cek Kesehatan Hewan Qurban

Tim Dinas pertanian kab.Nias cek hewan qurban

KBRN,Gunungsitoli : Dinas pertanian dan ketahann pangan kabupaten Nias turun kelapangan untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh hewan qurban yang akan di sembelih pada perayaan Idul Adha 1441H 2020M yang jatuh pada hari juma’at 31 Juli 2020.

Kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Nias Fonaso Laoli kepada Radio Republik Indonesia mengatakan bahwa, pengecekan terhadap hewan qurban ini wajib dilakukan dengan tujuan untuk memastikan hewan qurban yang disembelih bebas dari berbagai penyakit. Sehingga masyarakat yang mengkonsumsi pun aman.

Fonaso menjelaskan, hari ini tim dari dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Nias melakukan pengecekan dan pemeriksaan langsung dilapangan disela sela penyerahan hewan qurban dari pemerintah kabupaten Nias kepada pihak kenaziran masjid di kecamatan Idanogawo.

“ Untuk pengecekan ini kita lakukan selama dua hari. Untuk hari ini pengecekan kesehatan dan besok kita lakukan pengecekan sebelum dilakukan penyembelihan “ ujarnya (Kamis/30/7/2020).

Selain pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban pihak dinas pertanian dan ketahan pangan melalui tim juga memeriksa usia layaknya setiap hewan qurban, baik sapi, kerbau mapun kambing, karena masalah usia hewan kurban yang belum masuk kriteria sering terjadi.

Sementara untuk hewan qurban yang akan disembelih di kabupaten Nias ditambahkan Kadis pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Nias, merupakan hewan qurban yang di ambil dari peternak di kabupaten Nias. dan dipastikan tidak ada hewan qurban yang didatangkan dari luar pulauan Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00