Prakiraan Cuaca Kepulauan Nias Juli 2020, Trendnya Hujan Disertai Angin Kencang

KBRN, Gunungsitoli: Forecaster BMKG Binaka Gunungsitoli Monalisa mengatakan prakiraan Curah Hujan bulanan juli 2020 wilayah kepulauan Nias termasuk dalam kategori rendah - menengah, dengan Curah Hujan dasarian kategori rendah 0 - 50 mm/dasarian dengan sifat hujan normal hingga atas normal.

Meski demikian Saat dikonfirmasi RRI pagi tadi ia mengingatkan potensi gangguan cuaca yang bisa menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai dengan angin kencang dan petir. Jika pada bulan Juli trend hujan berlangsung pada sore ke malam hari dengan durasi singkat namun pada bulan Juli ini hujan terjadi pada tengah malam hingga dini hari bahkan sampai pagi.

Trend hujan ini ungkapnya diperkirakan akan terjadi hingga pertengahan dasarian kedua, sehingga masyarakat patut waspada, sedangkan dari pertengahan ke akhir bulan akan ada potensi penurunan intensitas hujan.

“Trendnya pada bulan ini hujan berlangsung pada tengah malam hingga dini hari bahkan sampai pagi, disertai dengan angin kencang dan petir kami imbau masyarakat agar waspada”, ungkap Monalisa, Senin (6/07/2020).

“Kondisi ini kami prakirakan terjadi merata di seluruh kepulauan Nias”.

Monalisa juga mengingatkan jika cuaca berawan selama beberapa hari, dengan suhu yang sangat panas dan terasa gerah biasanya ini menjadi pertanda turunnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan angin kencang yang menyertai.

Sementara itu akibat hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi pada hari Minggu (5/07/2020) dini hari, beberapa rumah warga mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon dan atap rumah beterbangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00