Terima 2 Penghargaan Inovasi Daerah, Wabub Nias: Tatanan Normal Baru Siap di Implementasikan di Kab.Nias

Mendagri dan Bupati Nias dalam acara Inovasi normal baru

KBRN,Gunungsitoli : Dari 7 Sektor yang diperlombakan dalam Lomba Inovasi Daerah Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 Kemendagri, dua kategori berhasil di sabet oleh pemerintah daerah kabupaten Nias.

Pemkab Nias meraih 2 penghargaan, yakni Terbaik pertama Kategori/Sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP ) Covid-19 dan terbaik ke III dalam kategori pasar modren Covid-19. Kedua penghargaan tersebut di terima langsung Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM di gedung sasana bakti praja lantai III kementerian Dalam Negeri Jakarta, (Senin/22/6/2020).

Menanggapi penghargaan yang terima pemerintah kabupaten Nias itu, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu,SH,MH kepada Radio Republik Indonesia mengatakan bahwa keberhasilan ini sebagai motifasi pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam mempersiapkan diri menghadapi Tatanan kehidupan baru Covid-19.

“ 2 penghargaan yang kita raih dalam lomba inovasi daerah ini diharapkan menjadi motifasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada tatanan kehidupan baru. penghargaan ini juga dipersembahkannya kepada seluruh masyarakat di kabupaten Nias yang sudah mendukung penuh program Inovasi daerah kabupaten Nias “ Ujarnya.

Dilanjutkan Wabub Nias, untuk dikabupaten Nias sendiri pelaksanaan lomba Inovasi ini sudah dimulai pada tahun 2019 yang lalu melalaui Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD). Dimana setiap setiap OPD wajib menciptakan satu Inovasi baru. lomba Inovasi Perangkat Daerah tersebut dalam rangka menumbuhkan semangat inovasi pada masing masing perangkat daerah di kabupaten Nias, dengan melakukan upaya-upaya kreatif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi pelayanan Publik dan tata kelola pemerintahan.  Sehingga melalui Inovasi perangkat daerah ini diharapkan terus terjadi upaya perbaikan, penyempurnaan, dan pembaharuan dalam menyelenggarakan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah demi terwujudnya Visi dan Misi Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias Tahun 2016-2021 yakni “ Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Nias yang Maju, Mandiri dan Sejahtera”.

“ Inovasi daerah ini sudah kita mulai tahun 2019 yang lalu. pemerintah kabupaten Nias membuka ruang bagi Organisasi Perangkat Daerah untuk menciptakan dalam berbagi bentuk Inovasi, seperti Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Inovasi Pelayanan Publik, dan Inovasi Lainnya yang merupakan Inovasi dalam Penyelenggaraan, dengan Prinsip –prinsip Peningkatan Evisiensi, Perbaikan Efektivitas, Perbaikan Kualitas Pelayanan, yang  beriontasi pada kepentingan umum “ Tegas Wabub Nias.

Sementara itu, menurut penjelasan Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian yang berhasil di himpun RRI melalui Vidcon aplikasi Zoom Meeting pada saat penyerahan penghargaan menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba inovasi daerah ini sangat penting dilakukan munuju tatanan kehidupan yang baru covid-19. setiap daerah diharapkan dapat mengimplementasikan penerapan tatanan ini agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi dengan menjalankan seluruh protokoler kesehatan dalam melaksanakan rutinitas setiap hari. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00