Dinas PMD Kabupaten Nias Alokasikan Anggaran BLT Dana Desa Sebesar Rp 27 Miliar Lebih

KBRN,Gunungsitoli: Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Nias mengalokasikan angaran Bantuan langsung Tunai dari Dana Desa sebesar 27 miliar lebih. Angaran yang cukup besar tersebut diberikan terhadap masyarakat penerima manfaat  di 170 desa yang terdampak ekonomi terhadap penyebaran Covid-19.

Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM kepada Radio Republik Indonesia mengatakan, pemberian bantuan langsung tunai dari dana desa sesuai amanah Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 tahun 2020. Dimana sebagian dari dana desa akan diberikan kepada masyarakat penerima manfaat sesuai kriteria dan ketentuan yang ada.

“ hasil Refocusing, anggaran BLT dari dana desa ini kita alokasikan sebesar Rp 27 Miliar lebih untuk disalurkan kepada masyarakat miskin di kabupaten Nias “ Ujarnya (Kamis/28/5/2020).

BLT-Dana Desa yang diberikan selama tiga bulan  mulai April, Mei, dan Juni ini nominalnya sebesar Rp 600.000 perbulan, sehingga total secara keseluruhan selama 3 bulan adalah Rp 1,8 juta per kepala keluarga.

“ jadi, jumlah secara keseluruhan yang menerima BLT dari dana desa ini sebanyak 15.195 kepala keluarga. Dan bantuan tersebut sudah dimulai disalurkan hari ini “ Katanya.

Ditambahkannya, Bantuan Langsung Tunai dari dana desa ini akan bertahap disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat. Karena menurut penuturan Bupati Nias, hingga tanggal 26 mei 2020 kemarin, Dana Desa ini baru 15 persen yang sudah ditransfer pemerinyah pusat ke pemerintah daerah kabupaten Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00